Wednesday, March 20, 2013
BERFIKIR DIVERGEN DAN KONVERGEN
Monday, March 18, 2013
BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF
Berpikir Kritis dan Kreatif
Definisi tentang berpikir kritis diberikan oleh beberapa ahli. Berikut adalah sampel definisi berpikir kritis.
Kemampuan menganalisis fakta, menggeneralisasikan dan meng-organisasikan ide, mempertahankan opini, membuat perbandingan.
a. menarik kesimpulan, menguji argumen, dan menyelesaikan masalah (Chance, 1986)
b. Menyertakan berpikir analitik untuk tujuan mengevaluasi apa yang dibaca (Hickey, 1990)
c. Proses sadar dan sengaja yang digunakan untuk menginterpretasi dan mengevaluasi informasi dan pengalaman melalui sekumpulan kemampuan dan sikap reflektif yang mengarahkan keyakinan dan tindakan bijaksana (Mertes, 1991).
d. Proses aktif dan sistematik untuk memahami dan mengevaluasi argumen (Mayer & Goodchild, 1990).
Saturday, March 16, 2013
MACAM - MACAM BENTUK BERPIKIR
Menurut Anthony
Gregorc (Prijosaksono dkk. ,2006) ada dua kemungkinan dominasi
otak, yaitu: persepsi konkret dan abstrak, dan kemampuan pengaturan
secara sekuensial (linear) dan acak (nonlinear). Kedua kemungkinan dominasi otak ini dapat dipadukan menjadi empat kombinasi
kelompok yang disebut dengan cara
berpikir kita. Orang yang termasuk dua kategori ”sekuensial” cenderung
memiliki dominasi otak kiri (logis, analitis, sekuensial, linear dan rasional), sedang orang-orang yang berpikir
secara ”acak (random) biasanya termasuk dalam dominasi otak kanan (acak,
tidak teratur, intuitif dan holistik).
Friday, February 22, 2013
Buku Juknis BOS Tahun 2013
Buku Juknis BOS Tahun 2013
BOS (Bantuan Operasional Sekolah) adalah sarana yang diberikan kepada pemerintah kepada penyelenggara pendidikan di indonesia. BOS juga sangat rentan terhadap korupsi apabila tidak dilaksanakan sesuai dengan juknis yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, oleh karena itu untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan tersebut diberikan peraturan dan perundang-undangan yang relevan supaya dalam penyelenggaraan dan pertanggungan jawabannya dapat berjalan dengan lancar dan sukses.SKENARIO UMUM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (bagian 2)
SKENARIO UMUM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (bagian 2)
Tahap III: Pengetesan
Setelah studi kelompok dapat diselesesaikan, guru menyelenggarakan tes untuk mengukur pengetahuan yang diperoleh siswa. Siswa mengerjakan tes secara individu dan tidak diperkenankan saling membantu.
Wednesday, February 20, 2013
SKENARIO UMUM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD
SKENARIO UMUM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD
Student Teams-Achievement Divisions (STAD)
STAD dikembangkan oleh Robert Slavin dan kawan-kawan pada Johns Hopkins University. Model STAD menekankan berbagai ciri pembelajaran langsung, dan merupakan model yang sangat mudah untuk diterapkan dalam pembelajaran . Seperti dalam kebanyakan model pembelajaran kooperatif, STAD bekerja berdasarkan prinsip siswa bekerja bersama-sama untuk belajar dan bertanggung jawab terhadap belajar teman-temannya dalam tim dan juga dirinya sendiri. Ada empat tahap dalam model STAD: pengajaran (presentasi kelas), studi kelompok, pengetesan, dan penghargaan. Kita akan memberi gambaran bagaimana STAD bekerja dengan menggunakan contoh pembelajaran suhu.
Monday, February 18, 2013
MENYINGKAP METODE PEMBELAJARAN BERBASIS AL-QUR’AN (Bagian IV)
KISAH-KISAH DALAM AL-QUR’AN YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
1.Kisah Luqmanul Hakim (QS: Luqman : 12-19)
Diantara sekian banyak kisah dalan Al-Qur’an adalah kisah seorang yang bijak yang sedang memberikan nasihat kepada anaknya (baca: interaksi guru-murid). Wahbah Zuhaily menerangkan bahwa surah Luqman ini menceritakan kisah seorang bapak yang sholeh bernama Luqman bin Ba’ura, salah satu putera Nabi Ayyub, termasuk suku Naubah dan merupakan bagian dari suku Ailah, yakni sebuah kota yang berada di sekitar laut Qulzum. Ia hidup pada masa Nabi Daud dengan mendapat julukan “al-Hakim” (yang bijak).
Sunday, February 17, 2013
MENYINGKAP METODE PEMBELAJARAN BERBASIS AL-QUR’AN (Bagian III)
SURAH AL-QALAM AYAT 1-4
Kontek lain disebutkan dalam Al-Qur’an yaitu dalam surah Al-Qalam ayat 1-4 yang artinya “ Nun, demi qalam dan apa yang mereka tulis; berkat nikmat Tuhan, kamu sekali-kali bukan orang gila; Dan sesungguhnya bagimu benar-benar pahala yang besar dan tidak pernah putus-putus; Dan kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung” (QS: 68 : 1-4).
Kontek lain disebutkan dalam Al-Qur’an yaitu dalam surah Al-Qalam ayat 1-4 yang artinya “ Nun, demi qalam dan apa yang mereka tulis; berkat nikmat Tuhan, kamu sekali-kali bukan orang gila; Dan sesungguhnya bagimu benar-benar pahala yang besar dan tidak pernah putus-putus; Dan kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung” (QS: 68 : 1-4).
Thursday, February 14, 2013
MENYINGKAP METODE PEMBELAJARAN BERBASIS AL-QUR’AN (Bagian II)
MENYINGKAP METODE PEMBELAJARAN BERBASIS AL-QUR’AN (Bagian II)
Al-Qur’an dan metode Pembelajaran
Pada Kesempatan ini saya akan melanjutkan Tulisan kami yang berjudul Menyingkap Pembelajaran Berbasis AlQur'an,,silahkan !
Al-Qur’an berisi sekian banyak permasalahan dan unsur pembelajaran, salah satunya diungkapkan melalui dakwah. Unsur-unsur dalam dakwah, seperti (1) da’i (pemberi dakwah= guru), (2) mad’uw (penerima dakwah = murid), (3) da’wah (unsur-unsur dakwah = pokok bahasan), metode dakwah dan cara penyampaiannya. Berdasarkan wahyu-wahyu pertama Al-Qur’an seperti yang terkandung dalam surat-surat Al-Alaq, Al-muddatstsir, Al-muzammil dan sebagainya sudah dapat ditemukan dari celah-celah redaksi Al-Qur’an, baik secara eksplisit maupun implisit, atau dari urutan masa turunnya, tentang petunjuk da’i (pemberi dakwah/guru dan sifat-sifat yang harus dimiliki. Demikian pula dengan halnya sifat-sifat mad’uw (penerima dakwah/murid).
Sunday, February 10, 2013
MENYINGKAP METODE PEMBELAJARAN BERBASIS AL-QUR’AN
MENYINGKAP METODE PEMBELAJARAN BERBASIS AL-QUR’AN
I. Muqaddimah
Al-Qur’anul Karim yang terdiri dari 30 juz, 114 surat, dan jumlah ayatnya banyak sebutan yang bervarisi, yaitu penduduk kuffah menyebut 6217 ayat, penduduk basrah menyebut 6214 ayat, penduduk Indonesia menyebut 6.666, sedangkan pendapat Ad Dani mengatakan bahwa Al-Qur’an terdiri dari 6210 ayat, dan Syuraih ibn Yazid Al Hamshi Al Hadhrami menyebut sebanyak 6204 ayat, serta menurut riwayat Hamzah ibn Habib Az Ziyat dan Sufyan ibn Uyainah dari Ali ibn Abi Tholib menyebutnya sebanyak 6236 ayat. Ayat-ayat itu menguraikan berbagai persoalan hidup dan kehidupan manusia, antara lain sebagai petunjuk dalam berbagai aktifitas kehidupan manusia, termasuk yang menyangkut alam raya dan fenomenanya baik yang tersurat maupun yang tersirat dibalik yang tersurat tersebut.
Friday, February 08, 2013
Cerdas Ala Rasululloh (Bagian Kedua)
Cerdas Ala Rasululloh (Bagian Kedua)
B. Dialog (Hiwar) Qurani dan Nabawl
Dialog (Hiwar) adalah percakapan silih berganti antara dua pihak atau lebih mengenai suatu topik, dan dengan sengaja diarahkan kepada satu tujuan yang dikehendald (dalam hal ini oleh guru). Menurut Al-Nahlawi, AI-Quran dan Sunnah Nabi Saw. memilild berbagai jenis dialog, seperti Hiwar Khitabi atau ta’abbudi, Hiwar washfi, hiwar qishashi (percakapan tentang sesuatu melalui kisah), hiwar jadali, dan hiwar nabawi.
Wednesday, February 06, 2013
CERDAS ALA RASULULLAH
CERDAS ALA RASULULLAH
Perhatikanlah, betapa eloknya kata-kata Nabi. Nabi mengucapkannya secara jelas dan terang tanpa berbelit-belit yang kemudian diperhatikan secara penuh oleh anak. Beliau awali pembicaraan beliau dengan kata, "Nak!". Hal ini membangkitkan perhatian dan membuat anak merasa mendapat perhatian. dari orang lain.
Perhatikanlah pula bagaimana beliau memberikan penjelasan yang menyeluruh dan. utuh dengan berbicara kepada anak kecil dengan kalimat seperti itu.
Tuesday, February 05, 2013
DINAMIKA KELOMPOK
DINAMIKA KELOMPOK
Dinamika berarti adanya saling mempengaruhi
tingkah laku antar individu karena adanya interaksi.
Kelompok adalah suatu unit organisasi yg
beranggotakan sekurang-kurangnya dua orang individu utk.bekerjasama atas dasar kesatuan
persepsi (slamet santosa 1993 DK.Bumi
Aksara Jkt.)
Dinamika Kelompok adalah ilmu pengetahuan ttg
tingkah laku manusia (behavioral science) untuk menimbulkan kerjasama dg baik
dalam kelompok sehingga saling menghargai, menghormati, keterbukaan dan
toleransi.
Tuesday, January 29, 2013
Organization
Organization
Entities that enable
society to pursue accomplishments that can’t be achieved by individuals acting
alone.
Organizational Behavior
The field of study investigates the impact that individuals,
groups, and structure have on behavior within organization for the purpose of
applying such knowledge toward improving an organization’s effectiveness
Saturday, January 26, 2013
ORGANISASI & MANAGEMEN
ORGANISASI DAN MANAGEMEN
- PENGERTIAN ke 1
- Manajemen adl suatu pencapaian tujuan yang telah ditentukan dengan menggunakan orang lain ( Robert. D. Terry )
- Manajemen adl proses dimana pelaksanaan dari suatu tujuan diselenggarakan dan diawasi. ( Encyclopedia of Social )
- Manajemen adl suatu proses yg dilakukan oleh satu orang atau lebih untuk mengkoordinasikan kegiatan - kegiatan orang lain guna mencapai tujuan / hasil (( Evancevich )
- Manajemen adl : membuat tujuan tercapai melalui kegiatan orang lain dan fungsi-fungsinya dapat dipecah sekurang-kurangnya 2 tanggung jawab utama yakni perencanaan dan pengawasan ( Evancevich )
- Manajemen adl suatu kegiatan atau seni untuk mengatur para petugas kesehatan kesht non kesht guna meningkatkan keshtn masy melalui program kesehatan ( Noto Atmojo )
Saturday, January 12, 2013
SURAT LAMARAN PEKERJAAN
SURAT LAMARAN PEKERJAAN
Pengertian » permohonan untuk bekerja pada suatu tempat .
Memuat:
· identitas diri (nama lengkap, umur atau tempat dan tanggal lahir, alamat)
· jabatan yang diinginkan
· kualifikasi (pendidikan, keahlian, atau pengalaman)