"Lakukan sesuai kapasitasmu, dan jangan pernah meminta untuk kau tunda apa yang menjadi ke inginanmu"

Sunday, February 17, 2013

MENYINGKAP METODE PEMBELAJARAN BERBASIS AL-QUR’AN (Bagian III)

berbasis al quran
SURAH AL-QALAM AYAT 1-4

Kontek lain disebutkan dalam Al-Qur’an yaitu dalam surah Al-Qalam ayat  1-4  yang artinya         “ Nun, demi qalam dan apa yang mereka tulis; berkat nikmat Tuhan, kamu sekali-kali bukan orang gila; Dan sesungguhnya bagimu benar-benar pahala yang besar dan tidak pernah putus-putus; Dan kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung” (QS: 68 : 1-4).

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

Thursday, February 14, 2013

MENYINGKAP METODE PEMBELAJARAN BERBASIS AL-QUR’AN (Bagian II)

MENYINGKAP METODE PEMBELAJARAN BERBASIS AL-QUR’AN (Bagian II)

berbasis al quran

Al-Qur’an dan metode Pembelajaran

Pada Kesempatan ini saya akan melanjutkan Tulisan kami yang berjudul Menyingkap Pembelajaran Berbasis AlQur'an,,silahkan !

Al-Qur’an berisi sekian banyak permasalahan dan unsur  pembelajaran, salah satunya diungkapkan melalui dakwah. Unsur-unsur dalam dakwah, seperti (1) da’i (pemberi dakwah= guru), (2) mad’uw (penerima dakwah = murid), (3) da’wah (unsur-unsur dakwah = pokok bahasan), metode dakwah dan cara penyampaiannya. Berdasarkan wahyu-wahyu pertama Al-Qur’an seperti yang terkandung dalam surat-surat Al-Alaq, Al-muddatstsir, Al-muzammil dan sebagainya sudah dapat ditemukan dari celah-celah redaksi Al-Qur’an, baik secara eksplisit maupun implisit, atau dari urutan masa turunnya, tentang petunjuk da’i  (pemberi dakwah/guru dan sifat-sifat yang harus dimiliki. Demikian pula dengan halnya sifat-sifat mad’uw (penerima dakwah/murid).

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

Sunday, February 10, 2013

MENYINGKAP METODE PEMBELAJARAN BERBASIS AL-QUR’AN

 MENYINGKAP METODE PEMBELAJARAN BERBASIS AL-QUR’AN

berbasis al quran

I. Muqaddimah

Al-Qur’anul Karim yang terdiri dari 30 juz, 114 surat, dan jumlah ayatnya banyak sebutan yang bervarisi, yaitu penduduk kuffah menyebut 6217 ayat, penduduk basrah menyebut 6214 ayat, penduduk Indonesia menyebut 6.666, sedangkan pendapat Ad Dani mengatakan bahwa Al-Qur’an terdiri dari 6210 ayat, dan Syuraih ibn Yazid Al Hamshi Al Hadhrami menyebut sebanyak 6204 ayat, serta menurut riwayat Hamzah ibn Habib Az Ziyat dan Sufyan ibn Uyainah dari Ali ibn Abi Tholib menyebutnya sebanyak 6236 ayat. Ayat-ayat itu menguraikan berbagai persoalan hidup dan kehidupan manusia, antara lain sebagai petunjuk dalam berbagai aktifitas kehidupan manusia, termasuk yang menyangkut alam raya dan fenomenanya baik yang tersurat maupun yang tersirat dibalik yang tersurat tersebut.

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

Friday, February 08, 2013

Cerdas Ala Rasululloh (Bagian Kedua)

 Cerdas Ala Rasululloh (Bagian Kedua)


B.    Dialog (Hiwar) Qurani dan Nabawl

Dialog (Hiwar) adalah percakapan silih berganti antara dua pihak atau lebih mengenai suatu topik, dan dengan sengaja diarahkan kepada satu tujuan yang dikehendald (dalam hal ini oleh guru). Menurut Al-Nahlawi, AI-Quran dan Sunnah Nabi Saw. memilild berbagai jenis dialog, seperti Hiwar Khitabi atau ta’abbudi, Hiwar washfi, hiwar qishashi (percakapan tentang sesuatu melalui kisah), hiwar jadali, dan hiwar nabawi.


Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

Wednesday, February 06, 2013

CERDAS ALA RASULULLAH

Rasululloh

CERDAS ALA RASULULLAH


Perhatikanlah, betapa eloknya kata-kata Nabi. Nabi mengucapkannya secara jelas dan terang tanpa berbelit-belit yang kemudian diperhatikan secara penuh oleh anak. Beliau awali pembicaraan beliau dengan kata, "Nak!". Hal ini membangkitkan perhatian dan membuat anak merasa mendapat perhatian. dari orang lain.
Perhatikanlah pula bagaimana beliau memberikan penjelasan yang menyeluruh dan. utuh dengan berbicara kepada anak kecil dengan kalimat seperti itu.

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

     
    Ipkompas