"Lakukan sesuai kapasitasmu, dan jangan pernah meminta untuk kau tunda apa yang menjadi ke inginanmu"

Monday, September 16, 2013

GENRE PUISI BERDASARKAN CARA PENGUNGKAPAN ISI

GENRE PUISI BERDASARKAN CARA PENGUNGKAPAN ISI


Genre Puisi berdasarkan cara pengungkapan isi dibedakan sebagai berikut :

a. Puisi Naratif
Puisi naratif adalah puisi yang mengungkapkan cerita atau penjelasan penyair. Tjahyono (1988:74) mendefinisikan puisi naratif sebagai puisi yang di dalamnya mengandung  suatu  cerita,  dengan  perwatakan,  plot,  dan  latar  tertentu  yang menjalin suatu cerita. Tergolong ke dalam puisi naratif ini adalah epik, romansa, balada, dan syair.

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

Thursday, July 25, 2013

STRUKTUR FISIK PUISI BAGIAN 3

STRUKTUR FISIK PUISI BAGIAN 3

Sebelum anda  melanjutkan membaca postingan dibawah ini , sebaiknya anda melihat postingan sebelumnya disini.


b. Pengimajian

Pengimajian  dapat  dibatasi  dengan  pengertian;  kata  atau  susunan  kata  yang dapat mengungkapkan                pengalaman        sensoris,                       seperti penglihatan, pendengaran, dan perasaan. Baris atau bait puisi itu seolah mengandung gema suara  (imaji  auditif),              atau  seolah  benda  yang  tampak  (imaji  visual),  atau sesuatu yang dapat dirasakan, diraba atau disentuh (imaji taktil).

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

Tuesday, June 04, 2013

SRTUKTUR FISIK PUISI

Struktur Fisik Puisi


Struktur fisik puisi atau unsur-unsur bentuk puisi merupakan unsur estetik yang membangun  struktur  luar  puisi.  Struktur  fisik  puisi  dapat  ditelaah  di  dalam metode puisi, meliputi: diksi,pengimajian,kata konkret,bahasa figurative (majas),versifikasi (rima dan ritma),dan tata wajah (tipografi dan enjambemen).Berikut adalah uraian mengenai   aspek-aspek struktur fisik tersebut.

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

Tuesday, May 28, 2013

Pendekatan Cooperative Learning

Pendekatan Cooperative Learning


Siswa akan menjadi manusia yang sukses bukan karena kemampuan bersaing tetapi karena kemampuan untuk bekerjasama, pembelajaran bekerjasama tidak hanya membantu siswa untuk memahami masalah lebih baik tetapi juga mengembangkan kemampuan siswa untuk berinteraksi sosial mengakui perbedaan pendapat, bagaimana cara menerima saran teman lain dan sebagainya. Pengorganisasian pembelajaran dicirikan oleh struktur tugas, tujuan dan penghargaan kooperatif. Siswa yang bekerja dalam situasi pembelajaran kooperatif didorong untuk bekerjasama pada suatu tugas bersama, dan mereka harus mengkoordinasikan usahanya untuk menyelesaikan tugasnya. Mereka akan berbagi penghargaan bila mereka berhasil sebagai kelompok ( Ibrahim ,M.,2000 )

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

Monday, April 29, 2013

Puisi Menurut Riffaterre

Puisi Menurut Riffaterre


Puisi  merupakan  karya  puisi  yang  berisi  ekspresi  seorang  penyair.  Ekspresi yang dikemukakan adalah ekspresi pikiran atau gagasan atau perasaan yang tidak  langsung.  Ketidaklangsungan  ekspresi  itu  menurut  Riffaterre  (1978:120) disebabkan  oleh  tiga  hal,  yakni:  a)  karena  penggantian  arti  (displacing  of meaning); b) karena penyimpangan arti (distorting of meaning); dan c) karena penciptaan arti (creating of meaning).

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

     
    Ipkompas