"Lakukan sesuai kapasitasmu, dan jangan pernah meminta untuk kau tunda apa yang menjadi ke inginanmu"

Monday, September 16, 2013

GENRE PUISI BERDASARKAN CARA PENGUNGKAPAN ISI

GENRE PUISI BERDASARKAN CARA PENGUNGKAPAN ISI


Genre Puisi berdasarkan cara pengungkapan isi dibedakan sebagai berikut :

a. Puisi Naratif
Puisi naratif adalah puisi yang mengungkapkan cerita atau penjelasan penyair. Tjahyono (1988:74) mendefinisikan puisi naratif sebagai puisi yang di dalamnya mengandung  suatu  cerita,  dengan  perwatakan,  plot,  dan  latar  tertentu  yang menjalin suatu cerita. Tergolong ke dalam puisi naratif ini adalah epik, romansa, balada, dan syair.


1) Puisi Epik
Puisi  epik  adalah  puisi  yang  di  dalamnya  mengandung  cerita  kepahlawanan yang berkaitan dengan legenda, kepercayaan, maupun sejarah. Puisi ini ditulis berdasarkan dongeng-dongeng kepercayaan.

2) Puisi Romansa
Puisi  romansa  adalah  puisi  yang  di  dalamnya  menceritakan  kisah  percintaan yang  berhubungan  dengan  ksatria,  asmara,  dengan  diselingiperkelahian  dan petualangan  yang  menambah  percintaan.  Kisah  cinta  dapat  juga  berarti  cinta tanah kelahiran, seperti puisi-puisi Ramadhan Karta Hadimaja dalam Priangan Si Jelita.
3) Puisi Balada

Puisi balada adalah puisi yang berisi cerita orang-orang perkasa, tokoh pujaan, atau  orang-orang  yang  menjadi  pusat  perhatian.  Sajak-sajak  Rendra  banyak mengandung  balada,  karena  Rendra  sangat  gigih  dalam  menegakkan  harkat kemanusiaan orang-orang         tersisih, seperti pelacur,perampok,pembunuh, wanita yang kesepiah, orang gila, dan sebagainya. Oleh Rendra, orang-orang tersisih   itu   dinyatakan   dengan   orang-orang   tercinta   (Balada   Orang-orang Tercinta). Contoh sajaknya berjudul Balada Penyaliban. Bersatulah Pelacur- pelacur  Kota  Jakarta,  Blus  untuk  Bonnie”  (Waluyo,  1995:111-113).

4) Puisi Syair
Syair dikelompokkan kepada puisi naratif, karena isinya bersifat menceritakan, baik mengenai peristiwa sejarah, kisah, hikayat maupun berita biasa. Misalnya: Syair Burung Pungguk, Syair Burung Nuri, Syair Singapura Dimakan Api, dan lain-lain.

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+, komentar SPAM (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik & nama blog) otomatis tidak akan muncul.
Pertanyaan silahkan ke halaman kontak, atau bertanya dulu kepada admin. terimakasih

     
    Ipkompas