"Lakukan sesuai kapasitasmu, dan jangan pernah meminta untuk kau tunda apa yang menjadi ke inginanmu"

Saturday, March 16, 2013

MACAM - MACAM BENTUK BERPIKIR

bentuk berpikir konkrit,abstrak,intuitif dan reflektif



artikel
1.   Berpikir konkret dan abstrak
Menurut Anthony Gregorc (Prijosaksono dkk. ,2006) ada dua kemungkinan dominasi otak, yaitu: persepsi konkret dan abstrak, dan kemampuan pengaturan secara sekuensial (linear) dan acak (nonlinear). Kedua kemungkinan dominasi otak ini dapat dipadukan menjadi empat kombinasi kelompok yang disebut dengan cara berpikir kita. Orang yang termasuk dua kategori ”sekuensial” cenderung memiliki dominasi otak kiri (logis, analitis, sekuensial, linear dan rasional), sedang orang-orang yang berpikir secara ”acak (random) biasanya termasuk dalam dominasi otak kanan (acak, tidak teratur, intuitif dan holistik).

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

Friday, February 22, 2013

Buku Juknis BOS Tahun 2013

Buku Juknis BOS Tahun 2013

BOS (Bantuan Operasional Sekolah) adalah sarana yang diberikan kepada pemerintah kepada penyelenggara pendidikan di indonesia. BOS juga sangat rentan terhadap korupsi apabila tidak dilaksanakan sesuai dengan juknis yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, oleh karena itu untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan tersebut diberikan peraturan dan perundang-undangan yang relevan supaya dalam penyelenggaraan dan pertanggungan jawabannya dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

SKENARIO UMUM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (bagian 2)

 SKENARIO UMUM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (bagian 2)


Tahap III: Pengetesan

Setelah studi kelompok dapat diselesesaikan, guru menyelenggarakan tes untuk mengukur pengetahuan yang diperoleh siswa. Siswa mengerjakan tes secara individu dan tidak diperkenankan saling membantu.

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

Wednesday, February 20, 2013

SKENARIO UMUM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD

SKENARIO UMUM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD


(Dasar: Teori Belajar Sosial)

Student Teams-Achievement Divisions (STAD)

STAD dikembangkan oleh Robert Slavin dan kawan-kawan pada Johns Hopkins University. Model STAD menekankan berbagai ciri pembelajaran langsung, dan merupakan model yang sangat mudah untuk diterapkan dalam pembelajaran . Seperti dalam kebanyakan model pembelajaran kooperatif, STAD bekerja berdasarkan prinsip siswa bekerja bersama-sama untuk belajar dan bertanggung jawab terhadap belajar teman-temannya dalam tim dan juga dirinya sendiri. Ada empat tahap dalam model STAD: pengajaran (presentasi kelas), studi kelompok, pengetesan, dan penghargaan. Kita akan memberi gambaran bagaimana STAD bekerja dengan menggunakan contoh pembelajaran suhu.

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

Monday, February 18, 2013

MENYINGKAP METODE PEMBELAJARAN BERBASIS AL-QUR’AN (Bagian IV)

berbasis alquran

KISAH-KISAH DALAM AL-QUR’AN YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN


1.Kisah Luqmanul Hakim (QS: Luqman : 12-19)

Diantara sekian banyak kisah dalan Al-Qur’an adalah kisah seorang yang bijak yang sedang memberikan nasihat kepada anaknya (baca: interaksi guru-murid). Wahbah Zuhaily menerangkan bahwa surah Luqman ini menceritakan kisah seorang bapak yang sholeh bernama Luqman bin Ba’ura, salah satu putera Nabi Ayyub, termasuk suku Naubah dan merupakan bagian dari suku Ailah,  yakni sebuah kota yang berada di sekitar laut Qulzum. Ia hidup pada masa Nabi Daud dengan mendapat julukan “al-Hakim” (yang bijak).

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

     
    Ipkompas