Menurut Anthony
Gregorc (Prijosaksono dkk. ,2006) ada dua kemungkinan dominasi
otak, yaitu: persepsi konkret dan abstrak, dan kemampuan pengaturan
secara sekuensial (linear) dan acak (nonlinear). Kedua kemungkinan dominasi otak ini dapat dipadukan menjadi empat kombinasi
kelompok yang disebut dengan cara
berpikir kita. Orang yang termasuk dua kategori ”sekuensial” cenderung
memiliki dominasi otak kiri (logis, analitis, sekuensial, linear dan rasional), sedang orang-orang yang berpikir
secara ”acak (random) biasanya termasuk dalam dominasi otak kanan (acak,
tidak teratur, intuitif dan holistik).
Saturday, March 16, 2013
Friday, February 22, 2013
Buku Juknis BOS Tahun 2013
Buku Juknis BOS Tahun 2013
BOS (Bantuan Operasional Sekolah) adalah sarana yang diberikan kepada pemerintah kepada penyelenggara pendidikan di indonesia. BOS juga sangat rentan terhadap korupsi apabila tidak dilaksanakan sesuai dengan juknis yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, oleh karena itu untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan tersebut diberikan peraturan dan perundang-undangan yang relevan supaya dalam penyelenggaraan dan pertanggungan jawabannya dapat berjalan dengan lancar dan sukses.SKENARIO UMUM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (bagian 2)
SKENARIO UMUM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (bagian 2)
Tahap III: Pengetesan
Setelah studi kelompok dapat diselesesaikan, guru menyelenggarakan tes untuk mengukur pengetahuan yang diperoleh siswa. Siswa mengerjakan tes secara individu dan tidak diperkenankan saling membantu.
Wednesday, February 20, 2013
SKENARIO UMUM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD
SKENARIO UMUM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD
Student Teams-Achievement Divisions (STAD)
STAD dikembangkan oleh Robert Slavin dan kawan-kawan pada Johns Hopkins University. Model STAD menekankan berbagai ciri pembelajaran langsung, dan merupakan model yang sangat mudah untuk diterapkan dalam pembelajaran . Seperti dalam kebanyakan model pembelajaran kooperatif, STAD bekerja berdasarkan prinsip siswa bekerja bersama-sama untuk belajar dan bertanggung jawab terhadap belajar teman-temannya dalam tim dan juga dirinya sendiri. Ada empat tahap dalam model STAD: pengajaran (presentasi kelas), studi kelompok, pengetesan, dan penghargaan. Kita akan memberi gambaran bagaimana STAD bekerja dengan menggunakan contoh pembelajaran suhu.
Monday, February 18, 2013
MENYINGKAP METODE PEMBELAJARAN BERBASIS AL-QUR’AN (Bagian IV)
KISAH-KISAH DALAM AL-QUR’AN YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
1.Kisah Luqmanul Hakim (QS: Luqman : 12-19)
Diantara sekian banyak kisah dalan Al-Qur’an adalah kisah seorang yang bijak yang sedang memberikan nasihat kepada anaknya (baca: interaksi guru-murid). Wahbah Zuhaily menerangkan bahwa surah Luqman ini menceritakan kisah seorang bapak yang sholeh bernama Luqman bin Ba’ura, salah satu putera Nabi Ayyub, termasuk suku Naubah dan merupakan bagian dari suku Ailah, yakni sebuah kota yang berada di sekitar laut Qulzum. Ia hidup pada masa Nabi Daud dengan mendapat julukan “al-Hakim” (yang bijak).