"Lakukan sesuai kapasitasmu, dan jangan pernah meminta untuk kau tunda apa yang menjadi ke inginanmu"

Tuesday, October 30, 2012

PENGELOLAAN WORKSHEET

PENGELOLAAN WORKSHEET


Memilih Sheet dalam Workbook

Jika dipilih lebih dari satu sheet dalam sebuah workbook maka setiap perubahan yang dilakukan pada sheet yang aktif juga akan terjadi pada sheet-sheet yang dipilih. Jika diisikan data pada sheet yang aktif, maka data tersebut juga aka terisikan pada sheet-sheet lain yang dipilih. Berikut ini adalah tabel prosedur untuk memilih sheet.

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

Sunday, October 28, 2012

MENYISIPKAN SEL MEMERIKSA EJAAN AUTOCORRECT

MENYISIPKAN SEL ATAU KOLOM


Dapat disisipkan sel kosong baris atau kolom, kemudian mengisinya dengan data. Jika ada menyalin atau memindahkan sel atau sekelompok sel, maka dapat disisipkan antara sel-sel yang telah berisi data atau yang telah terformat, untuk menghindari penggantian data atau format yang telah ada tersebut.

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

Thursday, October 25, 2012

MENYUNTING DATA EXCEL

MENYUNTING DATA


Mengubah Isi Sel

Untuk mengubah isi sel, ikutilah prosedur berikut ini:
1.    Lakukan dobel-klik pada sel ynag berisi data yang akan diubah
2.    Lakukan perubahan terhadap isi sel
3.    Tekan Enter
4.    Bila ditekan ESC setelah langkah 2, berarti membatalkan perubahan  yang telah dilakukan

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

Monday, October 22, 2012

MEMASUKKAN DATA SERIES PADA EXCEL

MEMILIH SEL


Sebelum dapat menjalankan sebagian besar perintah atau kerja dalam Microsoft Excel, biasanya terlebih dahulu harus dipilih sel-sel yang akan dikerjakan sesuatu terhadapnya. Yang dimaksud memilih sel dalam hal ini adalah menyorot atau memblok sel atau range sel (sejumlah sel) dalam worksheet. Sel-sel yang telah dipilih akan berpengaruh terhadap perintah atau aksi berikutnya. Berikut adalah contoh untuk memilih sel:

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

Saturday, October 20, 2012

MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL

MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL


Dalam Microsoft Excel, istilah Workbook kata lain dari sebuah file yang berisi data. Workbook ini terdiri dari banyak sheet, sedemikian hingga dapat dikelola berbagai macam informasi yang saling terhubung hanya dalam sebuah file saja .
Sedangkan worksheet adalah area kerja untuk menganalisis data. Worksheet yang merupakan bagian dari workbook ini berisi sel-sel yang terorganisasi dalam baris dan kolom. Worksheet pada Microsoft Excel 2000 ini terdiri dari 65535 baris dan 256 kolom, di mana kolom-kolom tersebut di beri nama secara unik dari A sampai IV. Perpotongan antara baris dan kolom adalah sel. Sel ini mempunyai alamat sesuai dengan baris dan kolomnya. Jadi.perpotongan antara baris 9 dengan kolom D adalah sel yang mempunyai alamat D9.

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

     
    Ipkompas