"Lakukan sesuai kapasitasmu, dan jangan pernah meminta untuk kau tunda apa yang menjadi ke inginanmu"

Tuesday, May 28, 2013

Pendekatan Cooperative Learning

Pendekatan Cooperative Learning


Siswa akan menjadi manusia yang sukses bukan karena kemampuan bersaing tetapi karena kemampuan untuk bekerjasama, pembelajaran bekerjasama tidak hanya membantu siswa untuk memahami masalah lebih baik tetapi juga mengembangkan kemampuan siswa untuk berinteraksi sosial mengakui perbedaan pendapat, bagaimana cara menerima saran teman lain dan sebagainya. Pengorganisasian pembelajaran dicirikan oleh struktur tugas, tujuan dan penghargaan kooperatif. Siswa yang bekerja dalam situasi pembelajaran kooperatif didorong untuk bekerjasama pada suatu tugas bersama, dan mereka harus mengkoordinasikan usahanya untuk menyelesaikan tugasnya. Mereka akan berbagi penghargaan bila mereka berhasil sebagai kelompok ( Ibrahim ,M.,2000 )

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

Monday, April 29, 2013

Puisi Menurut Riffaterre

Puisi Menurut Riffaterre


Puisi  merupakan  karya  puisi  yang  berisi  ekspresi  seorang  penyair.  Ekspresi yang dikemukakan adalah ekspresi pikiran atau gagasan atau perasaan yang tidak  langsung.  Ketidaklangsungan  ekspresi  itu  menurut  Riffaterre  (1978:120) disebabkan  oleh  tiga  hal,  yakni:  a)  karena  penggantian  arti  (displacing  of meaning); b) karena penyimpangan arti (distorting of meaning); dan c) karena penciptaan arti (creating of meaning).

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

Sunday, April 07, 2013

PENGERTIAN PUISI DAN HAKEKAT PUISI

PENGERTIAN PUISI DAN HAKEKAT PUISI


Pengertian puisi sebagai karangan terikat sudah tidak bisa diterima. Hal itu karena wujud puisi sudah mengalami perkembangan. Perkembangan itu pula yang menyebabkan pengertian puisi pun berkembang.


Secara  etimologis  kata  puisi  berasal  dari  bahasa  Yunani  poeima  yang  berarti
membuat, poeisis yang berarti pembuatan, atau poeites yang berarti pembuat, pembangun,  atau  pembentuk.  Di  Inggris  puisi  disebut  poem  atau  poetry  yang artinya tak jauh berbeda dengan to make atau to create sehingga lama sekali di Inggris puisi disebut maker.


Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

Wednesday, March 20, 2013

BERFIKIR DIVERGEN DAN KONVERGEN

Berpikir Divergen dan Konvergen


sastra
Istilah berpikir divergen dan berpikir konvergen pertama kali diajukan oleh Guilford (Suharman, 2005). Berpikir konvergen berorientasi pada satu jawaban yang baik atau benar sebagaimana yang dituntut oleh soal-soal ujian pada umumnya. Sementara berpikir divergen adalah proses berpikir yang berorientasi pada penemuan jawaban atau alternatif yang banyak. 

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

Monday, March 18, 2013

BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF

Berpikir Kritis dan Kreatif


sastraDefinisi tentang berpikir kritis diberikan oleh beberapa ahli. Berikut adalah sampel definisi berpikir kritis.

Kemampuan menganalisis fakta, menggeneralisasikan dan meng-organisasikan ide, mempertahankan opini, membuat perbandingan.

a. menarik kesimpulan, menguji argumen, dan menyelesaikan masalah (Chance, 1986)

b. Menyertakan berpikir analitik untuk tujuan mengevaluasi apa yang dibaca (Hickey, 1990)

c. Proses sadar dan sengaja yang digunakan untuk menginterpretasi dan mengevaluasi informasi dan pengalaman melalui sekumpulan kemampuan dan sikap reflektif yang mengarahkan keyakinan dan tindakan bijaksana (Mertes, 1991).

d. Proses aktif dan sistematik untuk memahami dan mengevaluasi argumen (Mayer & Goodchild, 1990).

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:

     
    Ipkompas