Monday, 8 October 2012

HEADER and FOOTER

MENGATUR HEADER/FOOTER
Header atau footer adalah teks atau grafik seperti nomor halaman, tanggal, atau logo perusahaan yang biasanya dicetak pada bagian atas atau bawah setiap halaman dalam dokumen. Header dicetak di dalam margin atas sedangkan footer dicetak di bagian margin bawah.
Header dan footer yang sama dapat digunakan pada seluruh dokumen, atau header dan footer yang berbeda untuk setiap bagian dokumen. Sebagai contoh, menggunakan logo pada header halaman pertama, dan kemudian menyertakan nama file dokumen di dalam header halaman berikutnya.

Membuat Header/Footer
Header dan footer dapat dibuat dengan menyertakan teks atau grafik, sebagai contoh nomor halaman, tanggal, logo perusahaan, judul laporan atau name file, nama penyusun, dan sebagainya. Header dan footer yang sama dapat diterapkan pada seluruh halaman pada dokumen atau header dan footer yang berbeda pada setiap bab dari dokumen. Sebagai contoh, menggunakan header atau footer yang khusus pada halaman pertama, atau pada halaman tidak menggunakan header maupun footer. Header dan footer yang berbeda dapat juga diterapkan untuk halaman ganjil dan genap atau setiap bab dalam dokumen.
Sebelum membuat atau mengedit header/footer, posisi aktif harus berada pada tampilan view Header and Footer.
Petunjuk menyisipkan header atau footer pada halaman dokumen:
1.       Pastikan bagian aktif adalah pada tampilan Header and Footer, untuk berpindah ke tampilan tersebut klik perintah Header and Footer dari menu View.
Word akan menampilkan daerah header yang dikelilingi garis putus-putus persegi     panjang dan insertion berada di pojok kiri atas atau area header, selain itu juga   ditampilkan toolbar Header and Footer pada layar.
2.       Untuk membuat header, masukkan teks atau grafik ke dalam area header. Atau area toolbar Header and Footer.
3.       Untuk membuat Footer, klik tombol Switch Between Header and Footer untuk berpindah ke area footer kemudian ulangi langkah ke-2.
4.       Setelah selesai anda mengisi komponen-komponen header atau footer, klik Close untuk kembali ke tampilan dokumen utama.
Teks atau grafik yang disukkan ke dalam header atau footer secara otomatis menggunakan perataan rata kiri. Anda dimungkinkan untuk menggunakan rata tengah atau menyisipkan item-item header/footer dengan perataan lebih dari satu (sebagai contoh, tanggal rata kiri dan nomor halaman rata kanan). Untuk menengahkan item, tekan tombol Tab; untuk perataan kanan, tekan tombol Tab dua kali.
Membuat Header/Footer Berbeda
Jika dikehendaki header/footer khusus pada halaman pertama yang berbeda dengan halaman-halaman berikutnya, dapat dilakukan sesuai petunjuk berikut:
1.       Jika dokumen terdiri dari beberapa section, klik di dalam section atau pilihlah multi section yang akan diubah.
2.       Pada menu View, klik pilihan Header/Footer. Pada toolbar Header and Footer, klik ikon Page Setup untuk menampilkan kotak dialog Page Setup. Kemudian klik tab Layout.
  • Klik kotak periksa Different first page, dan kemudian klik tombol OK untuk keluar dari kotak dialog.
  • Jika diperlukan, pindahlah ke area First Page Header atau First Page Footer sesuai dengan yang diinginkan dimana anda akan menyisipkan komponen tersebut.
  • Buatlah header atau footer untuk halaman pertama dari dokumen atau section.
  • Jika tidak menghendaki header atau footer pada halaman pertama, biarkan area header atau footer kosong.
  • Untuk berpindah ke header atau footer dari dokumen atau section yang ada, klik tombol Show Next pada toolbar Header and Footer. Kemudian buatlah header atau footer yang diinginkan pada halaman selanjutnya.
Dimungkinkan bekerja dengan dokumen panjang dan menghendaki header/footer pada setiap halaman genap dan ganjil berbeda. Untuk melakukan hal tersebut dapat digunakan kotak dialog Page Setup pada tab Layout (lihat petunjuk di atas), kemudian aktifkan kotak periksa Different odd and event. Langkah selanjutnya adalah menyisipkan komponen-komponen yang diinginkan ke dalam header/footer halaman ganjil dan genap.
PENEMPATAN PENOMORAN HALAMAN
Pada dokumen panjang tertentu serperti karya ilmiah, laporan, atau thesis mempunyai aturan penomoran halaman, misalnya pada dokumen thesis, dimana pada halaman daftar isi dan kata pengantar menggunakan angka romawi, dan pada bab pertama dimulai dengan nomor pertama ladi dengan angka biasa.
Penomoran halaman pada dokumen dapat kita tambahkan dimulai dengan nomor pertama lagi dengan angka biasa. Penomoran halaman pada dokumen dapat kita tambahkan pada saat anda menyisipkan item-item ke dalam header/footer. Posisi penomoran halaman dapat diatur sebagaimana ketika mengatur item-item di dalam header/footer, begitu pula dengan perataan nomor halaman dapat berupa rata kiri, tengah, dan kanan margin, dan di bagian bawah ataupun atas halaman.
Untuk menyisipkan nomor halaman ada dua cara, yaitu dengan menggunakan ikon Page numbers pada toolbar Header and Footer atau dengan menggunakan perintah Page numbers pada menu Insert.
Menyisipkan nomor halaman dengan ikon Page number:
1.       Pada menu View, klik perintah Header and Footer.
2.       Jika ingin menempatkan nomor halaman pada bagian bawah halaman, klik ikon Switch Between Header and Footer pada toolbar Header and Footer.
3.       Klik ikon Page Number pada toolbar Header and Footer.
4.       Gunakan tombol Tab untuk meratakan nomor halaman ke kanan/kiri margin atau tengah.
Cara ke-dua untuk menyisipkan nomor halaman, yaitu dengan menggunakan perintah Page number... pada menu Insert. Dengan menggunakan cara ini dapat diatur penempatan nomor halaman secara langsung sekaligus ditentukan format penomoran halaman seperti jenis penomoran, teks yang dapat disertakan ke dalam nomor halaman, dan memulai penomoran tertentu. Dengan cara ketiga tersebut dapat ditentukan penomoran yang berbeda pada setiap section dokumen, sebagai contoh pada halaman daftar isi dimulai dengan nomor iii dan pada halaman bab pertama dimulai lagi dengan nomor 1.
Petunjuk menyisipkan nomor halaman dengan perintah Page number:
1.       Pada menu Insert, klik perintah Page numbers... untuk menampilkan kotaak dialog Page Numbers.
2.       Lakukan salah satu diantara petunjuk berikut ini:
·      Untuk menentukan di mana akan ditempatkan nomor halaman pada header atau footer, gunakan kotak drop-down Position untuk memilih option Top of Page (header) atau Bottom of Page (footer).
·      Untuk menentukan perataan nomor halaman, gunakan kotak drop-down Alignment.
·      Kosongkan kotak periksa Show number on first page untuk tidak menampilkan nomor halaman pada halaman pertama dokumen atau section.
·      Posisi nomor halaman yang telah ditentukan dapat dilihat secara langsung pada kotak Preview.
3.       Klik tombol Format untuk menampilkan kotak dialog Page Number Format.
4.       Lakukan diantara petunjuk berikut ini:
  • Untuk menentukan format penomoran halaman, pilihlah format nomor di dalam kotak daftar Number Format.
  • Klik kotak periksa Include chapter number untuk mencetak nomor bab dokumen dengan nomor halaman, sebagai contoh II-1, II-2, dan sebagainya. Option ini juga dapat digunakan untuk menyertakan teks heading lainnya dengan nomor halaman.
  • Klik option Continous from previous section untuk melanjutkan urutan penomoran halaman dari section sebelumnya.
  • Isikan nomor halaman yang akan dimunculkan pada halaman pertama dari section yang dipilih ke dalam kotak isian Start at.
5.       Klik tombol OK untuk keluar dari kotak dialog.
Word akan menyisipkan nomor halaman ke dalam frame pada header/footer yang telah ditentukan, sehingga nomor halaman dapat ditempatkan dalam frame di manapun dalam dokumen. Jika nomor halaman dipindahkan keluar dari area header/footer, ia masih merupakan bagian dari header/footer. Jika hendak mengedit atau memformat-nya, harus berada di dalam tampilan Header and Footer (klik perintah Header and Footer pada menu View).
(di ambil dari Dokumen MTsN Watulimo)
ILMU PENGETAHUAN KOMPUTER DAN SASTRA Updated at: 10/08/2012

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Perhatian

1. Berikan komentar yang baik pada blog kami setelah anda membaca atau download.
2. Jangan melakukan Spam dan hal-hal yang mengandung pornografi dan SARA.
3. Boleh Melakukan Kopi Paste tapi dengan catatan melampirkan blog kami.
3. Apabila ada hal-hal yang kurang berkenan dalam hasil telusuran anda kami mohon maaf.