Wednesday, March 20, 2013
BERFIKIR DIVERGEN DAN KONVERGEN
Monday, March 18, 2013
BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF
Berpikir Kritis dan Kreatif
Definisi tentang berpikir kritis diberikan oleh beberapa ahli. Berikut adalah sampel definisi berpikir kritis.
Kemampuan menganalisis fakta, menggeneralisasikan dan meng-organisasikan ide, mempertahankan opini, membuat perbandingan.
a. menarik kesimpulan, menguji argumen, dan menyelesaikan masalah (Chance, 1986)
b. Menyertakan berpikir analitik untuk tujuan mengevaluasi apa yang dibaca (Hickey, 1990)
c. Proses sadar dan sengaja yang digunakan untuk menginterpretasi dan mengevaluasi informasi dan pengalaman melalui sekumpulan kemampuan dan sikap reflektif yang mengarahkan keyakinan dan tindakan bijaksana (Mertes, 1991).
d. Proses aktif dan sistematik untuk memahami dan mengevaluasi argumen (Mayer & Goodchild, 1990).
Saturday, March 16, 2013
MACAM - MACAM BENTUK BERPIKIR
Menurut Anthony
Gregorc (Prijosaksono dkk. ,2006) ada dua kemungkinan dominasi
otak, yaitu: persepsi konkret dan abstrak, dan kemampuan pengaturan
secara sekuensial (linear) dan acak (nonlinear). Kedua kemungkinan dominasi otak ini dapat dipadukan menjadi empat kombinasi
kelompok yang disebut dengan cara
berpikir kita. Orang yang termasuk dua kategori ”sekuensial” cenderung
memiliki dominasi otak kiri (logis, analitis, sekuensial, linear dan rasional), sedang orang-orang yang berpikir
secara ”acak (random) biasanya termasuk dalam dominasi otak kanan (acak,
tidak teratur, intuitif dan holistik).
Friday, February 22, 2013
Buku Juknis BOS Tahun 2013
Buku Juknis BOS Tahun 2013
BOS (Bantuan Operasional Sekolah) adalah sarana yang diberikan kepada pemerintah kepada penyelenggara pendidikan di indonesia. BOS juga sangat rentan terhadap korupsi apabila tidak dilaksanakan sesuai dengan juknis yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, oleh karena itu untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan tersebut diberikan peraturan dan perundang-undangan yang relevan supaya dalam penyelenggaraan dan pertanggungan jawabannya dapat berjalan dengan lancar dan sukses.SKENARIO UMUM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (bagian 2)
SKENARIO UMUM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (bagian 2)
Tahap III: Pengetesan
Setelah studi kelompok dapat diselesesaikan, guru menyelenggarakan tes untuk mengukur pengetahuan yang diperoleh siswa. Siswa mengerjakan tes secara individu dan tidak diperkenankan saling membantu.