"Lakukan sesuai kapasitasmu, dan jangan pernah meminta untuk kau tunda apa yang menjadi ke inginanmu"

Sunday, February 16, 2014

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENAFSIRKAN PROSA FIKSI DAN PUISI

MENAFSIRKAN PROSA FIKSI DAN PUISI



MENAFSIRKAN PROSA FIKSI
sastraMenafsikan prosa fiksi tidak serumit menafsirkan puisi. Hal itu sebagai akibat dari bentuk atau genre sastra tersebut yang bersifat naratif deskriptif. Dengan demikian untuk menafsirkan atau memahami prosa fiksi hanya diperlukan antara lain : memahami judul, memahami isi setiap paragraf, dan memahami tema dan amanat.


MENAFSIRKAN PUISI
Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam rangka menafsirkan sebuah puisi, yaitu:
1.      Memahami judul
Puisi Mustofa Bisri di atas berjudul Kepada Semut. Judul saja memang tidak selalu memberikan gambaran yang jelas terhadap isi puisi, tetapi paling tidak mengarahkan perhatian kita teradap semut, binatang, atau wacana kefabelan (fabel=penokohan binatang dalam karya sastra).
2.      Memahami latar
Semua piranti wacana yang menjelaskan perihal tempat, waktu, keadaan sosial, keadaan kultural, peristiwa, sejarah, dsb. biasa disebut latar.
3.        Memahami kata ganti
Kata ganti (pronomina) adalah kata yang menggantikan nomina atau frase nominal. Siapakah kami dalam puisi Kepada Semut ? Kami  adalah rayap, kecoa, tikus, ular, bahkan manusia.

4.      Memahami majas
Majas adalah kekayaan bahasa seseorang yang dimanfaatkan dalam berkomunikasi  untuk mencapai efek-efek tertentu, baik efek semantik, maupun efek estetik. Memahami majas  menyangkut: jenis majas, alasan penggunaan, dan efek semantik dan efek estetik.
5.      Memahami baris dan bait
Pada puisi Mustofa Bisri di atas baris pertama mengungkapkan adanya percakapan antara  semut dan rayap. Puisi tersebut ditulis dalam satu bait, melukiskan kemunafikan.

6.      Memahami tipografi dan enjambemen
7.      Memahami makna dan amanat

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+, komentar SPAM (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik & nama blog) otomatis tidak akan muncul.
Pertanyaan silahkan ke halaman kontak, atau bertanya dulu kepada admin. terimakasih

     
    Ipkompas