"Lakukan sesuai kapasitasmu, dan jangan pernah meminta untuk kau tunda apa yang menjadi ke inginanmu"

Sunday, February 02, 2014

Hal-hal penting dalam penulisan Prosa untuk Siswa

HAL-HAL YANG PENTING DIPERHATIKAN DI DALAM PENULISAN PROSA



1. Menentukan Tema Cerita

Salah satu teknik menulis cerita adalah menentukan tema cerita. Tema itu idealnya haruslah unik dan menarik. Namun, tema cerita untuk anak pada umumnya berkenaan dengan persahabatan dan petualangan. Anak-anak juga banyak yang menyenangi cerita-cerita yang bertema keajaiban dan cerita-cerita  hantu. Walaupun  memiliki  pola  yang  sama,  guru sebaiknya bisa  mengajak siswa untuk menentukan tema-tema yang  unik  dengan sudut pandang yang berbeda.


Dari satu objek yang sama, pasti ada sudut-sudut yang unik yang dapat ditulis  siswa.  Mereka  dapat membumbui  cerita-ceritanya  dengan  fantasi dan  pengalaman  pribadinya  yang  tentunya  tidak akan sama dengan pengalaman yang dimiliki orang lain.


2. Menyajikan Paragraf Pertama yang Mengesankan

Selain judul, paragraf pertama adalah etalase sebuah cerita. Paragraf pertama  berperan  sebagai  kunci pembuka bagi pembaca agar mereka mau meneruskan  pada  bagian  cerita  selanjutnya.   Khususnya untuk cerpen, karena merupakan karangan pendek, mestinya paragraf pertama lagsung masuk ke pokok persoalan dan bukannya melantur pada hal-hal yang  klise apalagi bila kemudian terkesan menggurui. Hal tersebut tentunya hanya menghadirkan kebosanan dan rasa apatis       bagi pembacanya.



3. Pertimbangkan Pembaca dengan Baik

Pembaca adalah konsumen, sedangkan pengarang adalah produsen. Produsen harus  senantiasai mempertimbangkan mutu produknya agar bisa dipasarkan. Pembaca sebagai konsumen memerlukan bacaan yang baru, segar, unik, menarik, dan menyentuh rasa kemanusiawian.

Pembaca cerita anak tentu       saja adalah anak-anak. Mereka  masih memiliki keterbatasan didalam pembendaharaan kosakatanya, kemampuan  berpikir,  bahkan  pengalamannya.  Oleh  karena  itu,  penulis haruslah memperhatikan karakteristik tersebut. Alurnya tidak terlalu kompleks, watak tokohnya bersifat hitam-putih, dan bahasanya sederhaa. Meskipun demikian, tetap saja cerita itu harus menghibur dan menimbulkan kepenasaranan bagi pembacanya.



4. Menggunakan Kalimat Sederhana dan Efektif

Kalimat-kalimat  dalam  prosa  adalah  kalimat  berkategori kalimat  efektif. Kalimat  efektif  untuk  prosa anak dapat diartikan  sebagai  kalimat  yang sederhana sehingga pembaca merasa mudah untuk menangkap maksud dari setiap bagian prosa itu hingga tamat. Kalimat-kalimat itu tidak lebih dari  4-5 kata. Di samping terampil menggunakan  kalimat efektif, penulis dituntut pula memiliki kekayaan kosakata dan gaya bahasa agar cerita itu mengalir dengan lancar dan tidak kering serta membosankan.



5. Sentakan Akhir

Prosa   harus   diakhiri ketika   persoalan sudah dianggap       selesai. Kecenderungan cerita-cerita mutakhir adalah sentakan akhir yang membuat  pembaca  ternganga  dan  penasaran.  Mestinya  cerita  tersebut masih ada lanjutannya, namun lanjutannya  itu  hanya  berada  di  pikiran pembaca sendiri. Terserah pembaca menafsirkan akhir cerita. Yang jelas, teks cerpen sudah berakhir sebagaimana dikehendaki pengarangnya.

Pendek kata, akhir cerita merupakan sentakan yang membuat pembaca terkesan. Kesan yang ditimbulkannya mungkin bermacam-macam, senyum-senyum, menarik nafas panjang atau merenung  dalam  karena terharu tanpa harus menuliskan kata-kata sedih. Kuncinya dari semua itu ada pada sentakan akhir dalam paraf penutup cerita itu.

Untuk  prosa  anak,  pembiaran”  akhir  cerita  yang  diserahkan  pada  diri siswa  haruslah  disesuaikan  dengan  pola`pikir  mereka  yang  memang masih  sederhana.  Meskipun  demikian,  siswa  pun  memiliki  kemampuan berimajinasi  yang  luar  biasa.  Aspek  inilah  yang  merupakan  kehebatan yang  dimiliki  siswa.  Oleh  karena  itu,  mungkin  saja  seorang  penulis melakukan sentakan-sentakan akhir cerita yang membuat pembaca (siswa)  menjadi  penasaran.  Namun,  pembiaran  itu  haruslah  terjangkau oleh pola pikir siswa yang masih bersifat hitam putih.

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+, komentar SPAM (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik & nama blog) otomatis tidak akan muncul.
Pertanyaan silahkan ke halaman kontak, atau bertanya dulu kepada admin. terimakasih

     
    Ipkompas