"Lakukan sesuai kapasitasmu, dan jangan pernah meminta untuk kau tunda apa yang menjadi ke inginanmu"

Tuesday, October 16, 2012

Cara KALKULASI PADA TABLE

CARA KALKULASI PADA TABLE

kalkulasi tabel pada excel


 

Fasilitas tabel yang ada Word memiliki kemampuan untuk melakukan operasi perhitungan (kalkulasi). Berikut ini adalah contoh tabel yang memanfaatkan kalkulasi tabel. Pada saat melakukan operasi kalkulasi di dalam tabel, penamaan/pengalamatan sel-sel tabel menggunakan A1, A2, B1, B2 dan seterusnya, dengan huruf mewakili kolom dan angka mewakili baris. Tidak seperti Excel penamaan pada Word selalu alamat absolut. Sebagai contoh pengalamatan sel A1 di Word sama dengan pengalamatan sel $A$1 di Excel.
   
Cost Anlysis

Direct mail
Seminars
Telemarketing
Total
Cost of Marketing
Rp. 1.645
Rp. 300
Rp. 1.250
Rp 3.195,00
Cost of Class
Rp. 40.000
Rp. 4.200
Rp. 7.500
Rp 51.700,00
Gross Income
Rp. 71.050
Rp. 6.090
Rp. 10.875
Rp 88.015,00
Gros Profit
Rp. 29.404
Rp. 1.590
Rp. 2.125
Rp. 33.120

                                   

A
B
C
D
1
A1
B1
C1
D1
2
A2
B2
C2
D2
3
A3
B3
B3
D3




Penamaan/Pengalamatan pada sel individu

Untuk pengalamatan sel pada operasi perhitungan, gunakan tanda koma untuk memisahkan alamat sel individu dan tanda titik dua ( : ) untuk memisahkan sel awal dan sel akhir pada range sel (kumpulan sel) seperti yang ditunjukkan pada contoh berikut :
Untuk menghitung
rata-rata sel-sel berikut
Ketikkan










=AVERAGE (b:b)
atau
=AVERAGE (b1 :b3)










=AVERAGE (a1: b2)










=AVERAGE(a1:c2)
atau
=AVERAGE(1:1,2:2)










=AVERAGE(A1,A3,C2)

Penamaan/Pengalamatan Baris atau Kolom
Pengalamatan baris atau kolom dapat digunakan pada operasi kalkulasi sebagi berikut:
·          Menggunakan range yang hanya menyertakan huruf atau angka yang mewakilinya saja. Sebagai contoh 1:1 untuk pengalamatan baris pertama di dalam tabel.
·          Dengan pengalamatan tersebut dimungkinkan operasi perhitungan secara otomatis untuk semua sel sel yang ada dalam baris jika nantinya ditambah sel lain pada baris tersebut.
·          Menggunakan range yang menyertakan se-sel khusus sebagi contoh a1:a3 untuk pengalamatan kolom dengan tiga baris.
Penamaan/Pengalamatan sel pada tabel lain.
Untuk pengalamatan sel yang berada pada tabel lain, atau untuk pengalamatan sel yang berada di luar tabel, tandai tabel dengan bookmark.
Sebagai contoh , field {=averange( Table2 b:b)} untuk menghitung rata-rata kolom B yang berada dalam tabel yang telah ditandai bookmark.

Petunjuk untuk melakukan kalkulasi didalam tabel:
Sebagai contoh mengkalkulasi analisa biaya yang ada pada tabel contoh diatas. Rumus untuk menghitung Gross Income - (Cost of Class+Cost of  Marketing)
1.   Klik sel yang mana akan anda menampilkan hasil perhitungan, dalam hal ini klik pada sel baris Gross Profit kolom Direct Mail.
2.   Pada menu Table, klik perintah Formula. Word akan menampilkan formula di dalam kotak isian Formula. Jika tidak menghendaki formula tersebut hapuslah  kemudian ketikkan formula yang diinginkan
3.   Di dalam kotak Number Format, Tentukan format angka. Sebagai contoh , untuk menampilkan angka dalam bentuk persentase desimal, klik 0.00% . Untuk contoh diatas, pilih format angka beserta tanda mata uang dengan klik Rp # # # 0, 00 ; (Rp # # # 0,00)
4.   Lakukan hal yang sama untuk menghitung Gross Profit pada Seminar dan Telemarketing.

Word juga menyediakan fungsi formula  seperti SUM, AVERANGE, AND, IF, dan sebagainya. Untuk memilih fungsi-fungsi tersebut, klik kotak daftar Paste Function kemudian pilih fungsi yang diinginkan.

Menghitung total pada garis atau kolom:
1.     Klik sel yang akan ditampilkan hasil total costnya
2.     Pada menu Table, Klik perintah Formula
3.     Jika sel yang dimaksud berada dibawah kolom  angka-angka, Microsoft Word akan akan menampilkan formula = SUM (ABOVE). Klik tombol OK, jika hal tersebut benar
4.     Jika  sel yang di maksud berada disebelah kanan akhir dari baris angka-angka, Word akan menampilkan formula = SUM (LEFT). Klik tombol OK jika hal tersebut benar.

Dapat juga total baris atau kolom angka dihitung dengan cepat; klik dimana akan ditampilkan hasil hasil total, kemudian pada toolbar Tables and Border klik tombol Autosum.\
(dokumen MTsN Watulimo)

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+, komentar SPAM (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik & nama blog) otomatis tidak akan muncul.
Pertanyaan silahkan ke halaman kontak, atau bertanya dulu kepada admin. terimakasih

     
    Ipkompas