BEKERJA DENGAN TABEL
Tabel merupakan sekumpulan sel-sel (area kotak) kolom dan baris yang akan diisi dengan teks atau grafik. Fasilitas tabel ini sering digunakan untuk menata teks dan grafik, bahkan dapat dimanfaatkan untuk membuat halaman formulir (seperti kwitansi, faktur, dan formulir isian lainnya). Tabel dapat pula digunakan untuk menata angka dalam kolom, kemudian menggurutkan (sortir) dan melakukan kalkulasi.
MENYISIPKAN TABEL PADA DOKUMEN
Ada beberapa yang dapat anda
gunakan untuk menyisipkan tabel, yaitu menggunakan :
- Perintah Insert Table pada menu TableIkon Insert Table pada toolbarFasilitas Draw Table
Menyisipkan Tabel
Jika suatu dokumen memuat tabel sederhana, maka dapat
digunakan perintah Insert Table pada menu Table,
atau ikon insert Table pada toolbar.
Menyisipkan tabel dengan perintah Insert Table:
(a)
Tempatkan
titik sisip pada lokasi dimana akan ditempatkan tabel.
(b)
Pada
menu Table, klik Insert Table untuk menampilkan kotak
dialog Insert Table.
(c)
Lakukan
salah satu atau lebih salah satu
petunjuk ini :
PilihanTable |
Keterangan
|
Table
Size
|
Bagian ini digunakan untuk menentukan ukuran tabel
(banyaknya baris dan kolom sel)
|
Fixed
columm width
|
Pilihan ini untuk mengatur lebar kolom berdasarkan
ukuran inchi tertentu dengan mengklik atau mengetikkan pada kotak isian.
Pilih Auto untuk menyisipkan kolom
dengan ukuran sama dengan
|
Auto
Fit to contens
|
Lebar kolom secara otomatis akan menyesuaikan dengan
panjang teks yang diketikkan.
|
Auto
Fit to windows
|
Ukuran tabel otomatis akan berubah sehingga tabel
tersebut dapat memenuhi window browser web. Pada saat ukuran window browse web diubah ukuran tabel
secara otomatis akan ikut berubah
menyesuaikan ukuran window.
|
(d)
Klik
tombol OK untuk keluar dan
menyisipkan tabel.
Cara diatas dapat juga dilakukan melalui tombol ikon Insert Table pada toolbar. Word akan
menampilkan grid tabel, kemudian tentukan banyaknya sel baris dan kolom yang
diinginkan dengan menyorot kotak-kotak yang tersedia.
MENYISIPKAN TABEL DENGAN DRAW TABLE
Dengan fasilitas Draw Table,
seolah-olah menggambar tabel menggunakan pensil atau pada kertas. Secara
langsung dapat dibuat kotak sel sesuai yang diinginkan sehingga dapat
menghasilkan model tabel yang lebih rumit dan menentukan orientasi teks seperti
format teks yang ada di dalam programspread
sheet.
Anda dapat menggunakan ikon Draw
Table yang ada didalam toolbar Table
and Broders seperti anda menggunakan pensil atau bolpoint untuk menggambar
tabel.
Petunjuk menggunakan fasilitas Draw
Table:
1.
Pada
menu Table, klik perintah Draw Table sehingga akan muncul toolbar
Tables and Border pada window
(Gambar 8).
2.
Untuk
mendefinisikan batas luar tabel, gambarlah drag dari salah satu sudut ke sudut
diagonal dari tabel yang didefinisikan untuk menandai keberadaan seluruh bagian
table, kemudian gambar garis kolom dan garis di dalamnya.
3.
Ketika
selesai membuat tabel, klik di dalam sel, dan mulailah untuk mengetik teks atau
menyisipkan grafik.
MEMODIFIKASI TABEL
Setelah selesai menyisipkan tabel pada dokumen, tabel tersebut dapat
diatur/disesuaikan dengan keinginan, seperti menentukan lebar dan spasi kolom,
mengatur tinggi dan spasi baris. Selain itu anda juga dapat menggabungkan
beberapa sel menjadi satu atau memisah satu sel menjadi beberapa sel.
Untuk mengubah lebar kolom dapat dilakukan dengan menggeser batas kolom
di dalam tabel itu sendiri atau dengan menggeser tanda Move Table Column pada ruler horisontal.
Mengatur
lebar kolom tabel
Untuk mengatur lebar kolom dengan ukuran tertentu, klik sel didalam
kolom yang akan diubah lebarnya. Pada menu Table,
klik perintah Table Properties, dan
klik tab Column. Tentukan pilihan
yang diinginkan.
Untuk membuat lebar kolom secara otomatis memyesuaikan panjangnya
isinya, klik tabel tersebut. Pada menu Table,
klik perintah AutoFit to Contens.
Untuk
menampilkan ukuran lebar kolom, klik sel dan kemudian tekan tombol ALT pada saat menggerser tanda batas kolom pada ruler. Di
dalam dokumen Word, tinggi setiap baris tabel tergantung pada isi sel di dalam
baris tersebut dan spasi paragraf yang ditambahkan, kecuali ditentukan yang
lainnya.
Mengatur tinggi baris tabel
Untuk mengatur tinggi baris dengan ukuran tertentu, klik sel baris. Pada
menu Table klik perintah Table Properties, dan kemudian klik tab
row. Tentukan pilihan-pilihan yang diinginkan
Menyamakan ukuran baris atau kolom:
·
Pilihlah kolom-kolom atau baris-baris yang
akan disamakan ukuranya.
·
Pada toolbar Table and Borders, klik tombol
Distribute Columns Evenly
atau Distribute Rows Evenly.
Untuk
menampilkan Tables and Borders, pada
menu View klik Toolbars, kemudian klik toolbar yang diinginkan. Jika tombol yang
diinginkan tidak muncul, klik tombol More
Button pada toolbar tersebut.
Mengatur spasi antar sel di dalam tabel:
1.
Klik
salah satu sel tabel.
2.
Pada
menu Table, klik perintah Table Properties, kemudian klik tab Table.
3.
Klik
tombol Option
4.
Di
bawah bagian default cell spacing,
aktifkan kotak periksa Allow spacing between cells dan isikan
ukuran yang diinginkan
Menyisipkan dan menghapus baris atau
kolom:
1.
Pilih
baris di bawah dimana akan disisipkan baris baru, atau pilihlah kolom pada
sebelah kanan di mana akan disisipkan kolom baru. Pilihlah kolom atau baris
dengan jumlah yang sama sebagaimana akan menambahkan sejumlah kolom atau baris
yang dipilih.
2.
Klik
tombol Insert Row atau Insert
Columns.
Fasilitas
Draw Table dapat juga digunakan
untuk menggambar baris atau kolom dimana diinginkan.
Untuk menambahkan
baris pada akhir tabel, klik sel terakhir dari baris terakhir dan
kemudian tekan tombol Tab. Sedangkan untuk menambah kolom ke
sebelah kanan dari kolom terakhit pada tabel, klik pada bagian kiri terluar
dari kolom. Kemudian pada menu Table,
klik perintah Select Column, lalu
klik perintah Insert Columns.
Menggabungkan beberapa sel menjadi sel
tunggal:
1.
Klik
tombol ikon Table and Borders pada toolbar standar
untuk menampilkan toolbar Tables and Border.
2.
Klik
ikon Eraser, dan kemudian klik dan
drag penghapus melewati pemisah sel yang akan dihapus.
Cara
tercepat untuk menggabungkan beberapa sel yang dipilih, adalah dengan mengklik
ikon Merge Cells atau dengan menggunakan perintah Merge Cells pada menu Table.
Memisahkan sel menjadi beberapa sel pada
table:
1.
Jika
toolbar Tables and Borders tidak
ditampilkan , klik ikon Tables and
Borders.
2.
Klik
ikon Draw Table, penunjuk mouse akan
berubah menjadi pen.
3.
Klik
dan drag untuk membuat pembagian sel baru.
Untuk
memisahkan beberapa sel, pilih sel-sel
tersebut dan kemudian klik ikon Split Cells atau klik perintah Split Cells pada menu Table untuk menampilkan kotak dialog Split Cells dan kemudian pilihlah
pilihan yang tersedia, seperti berikut ini :
·
Number
of columns -- isikan banyaknya kolom untuk membagi kolom yang
dipilih.
·
Number
of row -- isikan banyaknya baris untuk membagi sel yang
dipilih.
·
Merge
cells before split --
menggabungkan sel-sel yang dipilih dan kemudian menggunakan setting Row and Columns untuk seluruh pilihan.
Pilihlah kotak periksa ini pada saat akan mengkonfigurasi ulang tabel dengan
cepat (sebagai contoh untuk mengganti tabel 3x3
menjadi tabel 4x4). Kosongkan kotak periksa ini jika akan menggunakan
nilai-nilai di dalam kotak Rows dan Columns pada setiap sel yang dipilih
secara terpisah.
Berikut
ini adalah petunjuk membuat formulir pemesanan seperti yang telah ditampilkan
pada awal pembahasan memodifikasi tabel dengan memanfaatkan tabel, lakukan
petunjuk berikut ini :
(a) Buatlah tabel dengan
ukuran 5 x 14 (5 kolom dari 14 baris) melalui menu perintah maupun draw table.
(b) Pada baris pertama
gabungkanlah (merge) beberapa sel
sehingga baris pertama menjadi 3 kolom. Masih
pada kolom pertama sisipkan logo perusahaan, kolom kedua ketikkan
identitas perusahaan, dan kolom ketiga untuk nomor surat order.
(c) Pada baris kedua dan
ketiga gabungkanlah beberapa sel menjadi tiga kolom, kemudian pada kolom kedua
baris kedua dan ketiga gabungkan.
(d) Pada baris ke-4 dan
ke-5 beberapa sel digabungkan menjadi kolom. Pada bagian ini digunakan untuk
menempatkan teks identitas Vendor
maupun Ship. Tambahkan border pada bagian atas sel baris ketiga
dengan model garis ganda.
(e) Petunjuk penggunaan
border lebih lengkap, lihat pembahasan berikutnya.
(f)
Bloklah
semua sel baris ke-7 dan ke-8, kemudian aturlah lebar kolom untuk Jml, Unit,
Keterangan, Harga/unit dan total. Tambahkan border pada kedua bari sel
tersebut, kemudian pada baris ke-7 berikan border double pada bagian atas atau
bawah.
(g) Pada baris ke-8
gabungkanlah beberapa sel sehingga jumlah kolom menjadi 4 . Kolom kedua
digunakan untuk informasi cara pembayaran dan untuk kolom ke-4 digunakan untuk
menampilkan hasil perhitungan , berikan border seperti yang tampak pada contoh.
(h) Pada baris ke-11 dan
12 gabungkanlah beberapa sel sehingga jumlah kolom menjadi dua. Masing-masing
kolom digunaan untuk pengesahan
MENGATUR POSISI TABEL PADA HALAMAN
Mengatur posisi tabel dengan prosedur klik’n drag:
1)
Tempatkan
pointer pada tabel sampai handle move
table muncul di sudut kanan atas dari tabel.
2)
Tempatkan
pointer pada handle move table
tersebut sampai pointer berubah menjadi tanda panah 4 arah.
3)
Drag
tabel tersebut ke lokasi baru.
Mengatur perataan table pada halaman:
1.
Klik
tabel yang akan diatur.
2.
Pada
menu Table, klik perintah Table Properties, dan kemudian klik tab
Table.
3.
Pada
bagian Aligment, tentukan pilihan
yang diinginkan
4.
Untuk
mengatur indentasi kiri tabel, isikan nilai ke dalam kotak isian Indent form left.
Pada
Word 2000 fasilitas tabel ini dapat ditempatkan di antara teks yang ada,
sehingga teks dapat mengalir di seputar tabel (wrapping), hal ini serupa dengan
pengaturan aliran teks pada image.
Mengatur aliran teks (wrapping) pada
table:
·
Klik tabel yang akan dituju
·
Pada menu Table, klik perintah Table
Properties, kemudian klik tab Table
·
Pada bagian Text Wrapping, klik pilihan Around
Materi ini di ambil dari Dokumen MTsN Watulimo
Be the first to reply!
Post a Comment
Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+, komentar SPAM (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik & nama blog) otomatis tidak akan muncul.
Pertanyaan silahkan ke halaman kontak, atau bertanya dulu kepada admin. terimakasih