"Lakukan sesuai kapasitasmu, dan jangan pernah meminta untuk kau tunda apa yang menjadi ke inginanmu"

Friday, February 22, 2013

SKENARIO UMUM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (bagian 2)

 SKENARIO UMUM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (bagian 2)


Tahap III: Pengetesan

Setelah studi kelompok dapat diselesesaikan, guru menyelenggarakan tes untuk mengukur pengetahuan yang diperoleh siswa. Siswa mengerjakan tes secara individu dan tidak diperkenankan saling membantu.

Untuk mendorong agar siswa bekerja keras, STAD menerapkan "skor peningkatan individu". Masing-masing siswa diukur berdasarkan skor awal - yang diperoleh dari pengukuran yang dilaksanakan sebelum Tahap I dengan menggunakan alat ukur sejenis. Poin peningkatan, yang dilaporkan untuk masing-masing kelompok pada carta penghargaan kelompok pada papan pengumuman, ditentukan berdasarkan persentase peningkatan dari skor awal. Jadi, jika siswa memperoleh lebih dari 10 poin dibawah skor awal, skor peningkatannya 0, 10 poin dibawah skor awal sampai dengan 1 poin dibawah skor awal menghasilkan skor peningkatan 10, skor awal sampai dengan 10 poin di atas menghasilkan skor peningkatan 20, dan lebih dari 10 poin dari skor awal diberi skor peningkatan 30. (Skor sempurna, tidak peduli berapa skor awalnya, menghasilkan skor peningkatan 30).

Tahap IV: Tahap Penghargaan

Rata-rata kelompok dilaporkan pada carta penghargaan mingguan. Guru dapat menggunakan kata-kata khusus untuk memerikan kinerja kelompok semacam bintang , jenius , atau kelompok Einstein.

Penghargaan kerja masing-masing kelompok dapat disajikan pada majalah sekolah, papan pengumuman yang melaporkan peringkat masing-masing kelompok dalam kelas. Kinerja individu yang luar biasa juga dilaporkan. Kepekaan diperlukan disini. Penting untuk memahami bahwa menghargai siswa secara akademik dari kelompok berkemampuan rendah merupakan bagian integral dari keefektifan pembelajaran kooperatif. Elizabeth Cohen telah menemukan bahwa penting untuk menyadari akan siswa yang Anda duga memiliki kompetensi yang konsisten rendah. Ketika siswa semacam ini menunjukkan kinerja baik, segera beri dia penghargaan khusus yang bersifat terbuka untuk kompetensi ini.

(ditulis oleh Muniri )

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+, komentar SPAM (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik & nama blog) otomatis tidak akan muncul.
Pertanyaan silahkan ke halaman kontak, atau bertanya dulu kepada admin. terimakasih

     
    Ipkompas