SKENARIO UMUM MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF LANGSUNG DAN INKUIRI
Model dan Metode Pembelajaran Sekarang ini memang sudah cukup baik dibandingkan dengan model dan metode pembelajaran Jadul ( Jaman Dulu ), Dulu untuk melakukan kegiatan pembelajaran Guru dan ustadz kesulitan dengan mengajar dikarenakan peralatan pembelajaran yang kurang mendukung, dan bahkan tidak ada sama sekali alat atau bahan dalam melakukan pembelajaran. sekarang kita sudah menuju jaman yang baik dan modern, sehingga alat pembelajaran yang di gunakan pun dapat mempermudah guru dan siswa dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.
Pada postingan kali ini kami akan memperkenalkan metode dan model pembelajaran yang banyak dipakai di kalangan akademisi , berikut ulasannya :
(PEMBELAJARAN INTERAKTIF LANGSUNG MODEL PELATIHAN)
Dasar: Teori Belajar Behavioristik
1. Pembukaan
Tujuan pembelajaran dirumuskan dan dikomunikasikan ke siswa untuk mengawali satuan pelajaran.
Langkah pembelajaran disampaikan ke siswa, misal: “Sekarang kita akan mendiskusikan pekerjaan rumahmu untuk mengamati kedudukan bulan dan bintang tadi malam di belahan langit selatan, kemudian saya akan mendemonstrasikan bagiamana mengukur ketinggian dan kedudukan sebuah bintang. Kalian akan menggunakan informasi tersebut untuk berlatih mengukur kedudukan bintang rekaan di kelas secara berkelompok. Akhirnya, saya akan menugasi kalian memecahkan beberapa masalah, kemudian kalian akan menggunakan apa yang telah kalian pelajari untuk mengukur perubahan gerak bintang malam nanti sebagai pekerjaan rumah”.
2. Pengecekan Tugas Pendahuluan
Guru mencermati pendapat siswa tentang tugas awal
Guru memilah-milah pendapat siswa
3. Penyajian Materi dan Keterampilan Baru
Guru menyajikan materi secara runtut
Guru memeragakan keterampilan baru
4. Latihan Terbimbing
Siswa berlatih untuk memahami materi baru
Siswa berlatih keterampilan baru dengan alat yg sesuai
Guru membimbing siswa
5. Umpan balik dan Pembetulan
Guru memberi umpan balik dan penguatan
Guru membimbing siswa untuk membetulkan latihan
6. Latihan mandiri
Siswa mengasah pemahaman dan keterampilannya secara mandiri
SKENARIO UMUM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI
(Dasar: Teori Belajar Kognitif)
Topik (Umum) : Permodelan
Tahap 1. Pengajuan Masalah
Guru mendemonstrasikan “kejadian asing” di depan kelas.
Guru menyodorkan wilayah penyelidikan kepada siswa.
Tahap 2. Penstrukturan Masalah
Siswa mengamati sekilas tentang objek yang akan diselidiki.
Siswa menstrukturkan masalah mengajukan pertanyaan yang akan dijawab ya/tidak oleh guru.
Siswa mencatat hal-hal penting dari jawaban guru
Tahap 3. Pengajuan Hipotesis
Siswa mengajukan hipotesis untuk menjelaskan ide mereka.
Tahap 4. Pelaksanaan Eksperimen
Siswa menetapkan cara melaksanakan eksperimen untuk menguji hipotesisnya.
Siswa mengumpulkan data.
Siswa menyimpulkan hasil eksperimennya.
Dasar: Teori Belajar Behavioristik
1. Pembukaan
Tujuan pembelajaran dirumuskan dan dikomunikasikan ke siswa untuk mengawali satuan pelajaran.
Langkah pembelajaran disampaikan ke siswa, misal: “Sekarang kita akan mendiskusikan pekerjaan rumahmu untuk mengamati kedudukan bulan dan bintang tadi malam di belahan langit selatan, kemudian saya akan mendemonstrasikan bagiamana mengukur ketinggian dan kedudukan sebuah bintang. Kalian akan menggunakan informasi tersebut untuk berlatih mengukur kedudukan bintang rekaan di kelas secara berkelompok. Akhirnya, saya akan menugasi kalian memecahkan beberapa masalah, kemudian kalian akan menggunakan apa yang telah kalian pelajari untuk mengukur perubahan gerak bintang malam nanti sebagai pekerjaan rumah”.
2. Pengecekan Tugas Pendahuluan
Guru mencermati pendapat siswa tentang tugas awal
Guru memilah-milah pendapat siswa
3. Penyajian Materi dan Keterampilan Baru
Guru menyajikan materi secara runtut
Guru memeragakan keterampilan baru
4. Latihan Terbimbing
Siswa berlatih untuk memahami materi baru
Siswa berlatih keterampilan baru dengan alat yg sesuai
Guru membimbing siswa
5. Umpan balik dan Pembetulan
Guru memberi umpan balik dan penguatan
Guru membimbing siswa untuk membetulkan latihan
6. Latihan mandiri
Siswa mengasah pemahaman dan keterampilannya secara mandiri
SKENARIO UMUM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI
(Dasar: Teori Belajar Kognitif)
Topik (Umum) : Permodelan
Tahap 1. Pengajuan Masalah
Guru mendemonstrasikan “kejadian asing” di depan kelas.
Guru menyodorkan wilayah penyelidikan kepada siswa.
Tahap 2. Penstrukturan Masalah
Siswa mengamati sekilas tentang objek yang akan diselidiki.
Siswa menstrukturkan masalah mengajukan pertanyaan yang akan dijawab ya/tidak oleh guru.
Siswa mencatat hal-hal penting dari jawaban guru
Tahap 3. Pengajuan Hipotesis
Siswa mengajukan hipotesis untuk menjelaskan ide mereka.
Tahap 4. Pelaksanaan Eksperimen
Siswa menetapkan cara melaksanakan eksperimen untuk menguji hipotesisnya.
Siswa mengumpulkan data.
Siswa menyimpulkan hasil eksperimennya.
Penulis : bpak Muniri
Be the first to reply!
Post a Comment
Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+, komentar SPAM (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik & nama blog) otomatis tidak akan muncul.
Pertanyaan silahkan ke halaman kontak, atau bertanya dulu kepada admin. terimakasih