"Lakukan sesuai kapasitasmu, dan jangan pernah meminta untuk kau tunda apa yang menjadi ke inginanmu"

Tuesday, March 04, 2014

Makna Artikel Populer dan Kategorinya



Artikel Populer

Makna Artikel
Artikel populer adalah artikel yang ditulis dengan gaya populer. Kata populer sebenarnya sudah menunjukkan sifatnya yang umum, yang pop. Jadi, artikel populer adalah artikel yang disajikan dengan  sederhana, baik bahasa maupun analisisnya dengan tujuan agar lebih mudah dipahami oleh pembaca umum. Dengan demikian artikel populer lebih cair (Soeharso, 2009:9).


Sebuah artikel populer dikemas dengan bahasa yang lebih ringan dan cair dibandingan dengan artikel ilmiah.  Menurut Soeharso tulisan khas artikel populer yang sering mucul dalam media massa dapat dikategorikan pada jenis wacana atau opini, kolom, ulasan, dan laporan.

1. Opini
Opini adalah tulisan yang berisi isi atau gagasan penulisnya tentang berbagai masalah yang sedang hangat atau aktual dalam pandangan masyarakat. Unsur timely atau kekinian sangat penting dalam artikel semacam ini. Wacana atau opini sering  muncul dengan topik untuk menyambut peristiwa penting, menanggapi perkembangan situasi  tertentu, atau memberikan masukan  ide/gagasan  untuk tujuan tertentu.

2. Kolom
Kolom adalah tulisan yang berisi ide/gagasan penulisnya tentang berbagai masalah yang dianggap penting, menarik, unik, aneh, lucu, dan seterusnya, dan menurut penulisnya masyarakat perlu mengetahuinya. Karena sifatnya yang multi-facet maka  pendekatan  terhadap  masalahnya  pun  sangat  beragam,  tergantung pada gaya dan kesukaan penulisnya. Karakteristik yang unik dari kolom membuat media massa menyerahkan pengisiannya pada penulis-penulis yang memiliki gaya khas dan unik pula. Penulis kolom ini sering disebut dengan kolomnis.

3. Ulasan
Ulasan adalah tulisan yang khusus memberikan kajian terhadap masalah melalui pendekatan dengan spesifikasi tertentu. Perbedaannya sangat tipis dengan wacana atau opini. Kalau wacana atau opini pembahasannya melalui pendekatan yang umum ulasan melalui pendekatan yang lebih spesifik, terutama dari disiplin ilmu. Perbedaan berikutnya dalam ulasan unsur timely atau kekinian bukan suatu yang utama.  Yang menjadi fokus dalam ulasan adalah tingkat urgensi dari  topik untuk diketahui masyarakat.

4. Laporan
Laporan pada dasarnya adalah tulisan jurnalistik, sering disebut sebagai laporan hasil indepth reporting atau investigate reporting. Laporan jenis ini berisi informasi faktual yang lengkap, komplit, detail, tentang peristiwa atau kejadian dengan gaya penulisan feature atau human interst.

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+, komentar SPAM (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik & nama blog) otomatis tidak akan muncul.
Pertanyaan silahkan ke halaman kontak, atau bertanya dulu kepada admin. terimakasih

     
    Ipkompas