"Lakukan sesuai kapasitasmu, dan jangan pernah meminta untuk kau tunda apa yang menjadi ke inginanmu"

Wednesday, February 19, 2014

Sistematika Artikel Ilmiah dan bagaimana penjelasannya ?

Sistematika Artikel Ilmiah


Artikel Ilmiah
Sistematika Artikel Ilmiah adalah urutan bagaimana kita membentuk tulisan yang baik dan layak di terbitkan ke publik atau pembaca. dalam hal ini ada beberapa catatan sederhana yang dapat dijadikan pertimbangan tentang bagaimana sistematika artikel ilmiah tersebut. tidak panjang lebar lagi, silahkan anda membaca artikel dibawah ini .....? semoga bermanfaat !


Secara  sederhana  anatomi  tubuh  artikel ilmiah  dibagi  ke dalam  tiga bagian besar:

1.         Pendahuluan
Pendahuluan dalam artikel ilmiah mencakup:  (a)  judul;  (b)  nama  penulis;  (c)  abstrak dan kata kunci; (d) pendahuluan; (e) metode.

a)         Judul
Judul  yang  baik  merangsang  pembaca  untuk  membaca  artikel (provokatif), membuka wacana diskusi , argumentatif, dan analitik.

b)         Nama  penulis. 
Nama  penulis  artikel  ditulis  tanpa  disertai  gelar akademik  atau  gelar  profesional  yang  lain.  Jika  dikehendaki  gelar kebangsawanan atau keagamaan boleh disertakan. Nama lembaga tempat  penulis  bekerja  ditulis  sebagai  catatan  kaki  di  halaman pertama.  Jika penulis  lebih  dari  dua  orang,  hanya  nama  penulis utama saja yang dicantumkan disertai tambahan dkk. Nama penulis lain  ditulis  dalam  catatan  kaki  atau  di  tempat  lain  jika  tempat catatan kaki tidak mencukupi.

c)         Abstrak  dan  kata  Kunci.
Abstrak  adalah  ringkasan  dari  isi  artikel yang  dituangkan  secara  padat;  bukan  komentar  atau  pengantar penulis. Panjang abstrak biasanya 50-75 kata yang disusun dalam satu  paragraf,  diketik  dengan  spasi  tunggal.  Format  lebih  sempit dari teks utama (margin kanan dan kiri menjorok masuk beberapa ketukan. Kata kunci, yaitu istilah-istilah yang mewakili ide-ide atau konsep-konsep  dasar  yang  terkait  dengan  ranah  permasalahan yang  dibahas  dalam  artikel.  Jika  dapat  diperoleh,  kata-kata  kunci hendaknya diambil dari bidang ilmu terkait. Kata kunci terdiri atas 3 – 5 kata.

d)         Pendahuluan
menguraikan  hal-hal  yang  dapat  menarik  perhatian pembaca  dan  memberikan  acuan  (konteks) bagi permasalahan yang  akan  dibahas,  misalnya  dengan  menonjolkan hal-hal yang kontroversial atau belum tuntas dalam pembahasan permasalahan terkait  dalam  artikel-artikel  atau  naskah-naskah  lain  yang  telah dipublikasikan terdahulu. Bagian           pendahuluan      ini hendaknya diakhiri dengan rumusan singkat (1-2 kalimat) tentang hal-hal pokok yang akan dibahas dan tujuan pembahasan.



e)         Metode
Metode secara ringkas disusun dalam bentuk aliena memuat desain penelitian, populasi & sampel/sumber data, bagaimana data dikumpulkan , dan bagaimana data dianalisis


2. Pembahasan

Pembahasan merupakan bagian terpenting dari keseluruhan artikel ilmiah.Tujuan  pembahasan  menjawab  masalah  penelitian  atau menunjukkan bagaimana tujuan penelitian itu dicapai, menafsirkan hasil-hasil  penelitian,  mengintegrasikan  hasil-hasil  penelitian ke dalam kumpulan pengetahuan yang telah mapan, menyusun teori baruatau memodifikasi teori yang ada, menjawab masalah penelitian atau menunjukkn bagaimana tujuan penelitian itu dicapai,menafsirkan hasil-hasil penelitian, mengintegrasikan hasil- hasil penelitian ke dalam kumpulan          pengetahuan yang telah mapan, menyusun teori baru atau memodifikasi teori yang ada.

3. Penutup

Penutup merupakan bagian akhir penelitian yang berisi kesimpulan dan  implikasi/saran.Bagian ini memuat  jawaban  atas  pertanyaan penelitian dalam bentuk substantif dalam bentuk esai, bukan dalam bentuk  numerical.Implikasi  memuat  temuan  penelitian  dan/atau saran-saran yang mengacu kepada tindakan praktis, atau pengembangan teoretis, dan penelitian lanjutan.

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+, komentar SPAM (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik & nama blog) otomatis tidak akan muncul.
Pertanyaan silahkan ke halaman kontak, atau bertanya dulu kepada admin. terimakasih

     
    Ipkompas