"Lakukan sesuai kapasitasmu, dan jangan pernah meminta untuk kau tunda apa yang menjadi ke inginanmu"

Wednesday, February 26, 2014

PEMBAGIAN ARTIKEL NON PENELITIAN, CIRI CIRINYA SEPERTI APA?


artikel
Pada Kesempatan lalu saya menyampaikan bahwa artikel Non Penelitian Dapat dibagi menjadi dua (  2 ), postingan kali ini saya akan membahas tentang hal tersebut, artikel nonpenelitian dapat juga dikategorikan menjadi dua jenis:


a.  Artikel Ulasan
Artikel  yang mengevaluasi  secara  kritis  suatu tulisan yang telah diterbitkan dengan cara mengkaji kemajuan penelitian mutakhir untuk memberikan penjelasan tentang permasalahan yang dikemukakan dalam tulisan tersebut.

b.  Artikel Teoritis
artikel yang membahasa mengenai teori baru dari karya tulis  dengan memenuhi cirri-ciri sebagai berikut :
1)     Mengajukan suatu teori berdasarkan hasil-hasil penelitian sebelumnya.

2)     Memperluas dan memperhalus definisi konstruk-konstruk dalam teori berdasarkan telaah tentang perkembangan teori tersebut.
3)     Penulis dapat mengajukan suatu teori baru atau menganalisis  teori yang ada dengan menyebutkan kelemahan dan keunggulan teori tersebut dibandingkan dengan teori lainnya.
4)     Penulis artikel teoritis juga dapat mengkaji konsistensi teori tersebut secara internal dan  eksternal.  Yakni, apakah teori tersebut secara internal ada kontradiksi  atau  apakah  teori  tersebut  berkontradiksi  dengan  hasil-hasil penelitian yang ada.

Dalam hal ini artikel ilmiah dapat juga dijadikan sebagai artikel populer. Artikel ilmiah   dapat dijadikan artikel populer dengan mereduksi nilai keilmiahnnya. Misalnya, dalam artikel ilmiah populer sangat dihindari penggunaan ‘jargon’ atau istilah-istilah ilmiah baku lainnya. Kalaupun ada penulisnya cenderung mengganti dengan kata atau istilah awam yang sudah pasti dimengerti masyarakat umum.

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+, komentar SPAM (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik & nama blog) otomatis tidak akan muncul.
Pertanyaan silahkan ke halaman kontak, atau bertanya dulu kepada admin. terimakasih

     
    Ipkompas