Teori Organisasi Struktural Klasik bagian dua
ANGGAPAN DASAR (ASUMSI) TEORI KLASIK
1.
Organisasi
ada terutama untuk menyelesaikan tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.
2.
Bagi
suatu organisasi, ada struktur yang tepat bagi tujuan, lingkungan, teknologi
dan partisipannya.
3.
Pekerjaan
organisasi paling efektif bila ada tantangan lingkungan dan kepentingan pribadi
terhalang oleh norma-norma rasionalitas.
4.
Spesialisasi
akan meningkatkan taraf keahlian dan performan individu.
5.
Koordinasi
dan control paling baik melalui praktek otoritas dan aturan-aturan yang tidak
bersifat pribadi.
6.
Struktur
dapat dirancang secara sistematis dan dapat dilaksanakan
7.
Masalah-masalah
organisasi biasanya merefleksikan struktur yang tidak tepat, dan dapat diselesaikan
melalui perancangan dan pengorganisasian kembali ( Bolman, 1988 )
Secara bersama-sama Weber dan Taylor menyajikan teori-teori organisasi
dan manajemen yang hampir secara khusus membahas anatomi organisasi formal yang
dapat disebut sebagai teori-teori struktural klasik.
UNSUR KUNCI TEORI
ORGANISASI KLASIK
Ada empat kunci
dari teori klasik :
1.
Pembagian kerja, adalah bagaimana organisasi membagi sejumlah pekerjaan terhadap
tenaga kerja yang ada dalam organisasi.
2.
Hierarki proses fungsional, adalah setiap organisasi terdapat adanya tingkatan karyawan menurut
fungsinya atau pekerjaan yang khusus dalam organisasi.
3.
Struktur, adalah
jalinan hubungan dan peranan dalam organisasi. (Lini dan Staf)
4.
Pengawasan yang ketat, pada organisasi yang tinggi strukturnya menghendaki banyak saluran
komunikasi dalam melakukan pengawasan. Sedangkan pada organisasi yang
strukturnya mendatar tidak banyak diperlukan saluran komunikasi.
KOMUNIKASI - ORGANISASI SOSIAL (Berlo, 1960)
Komunikasi
berhubungan dengan Organisasi Sosial dengan tiga cara :
Pertama, sistem sosial dihasilkan lewat
komunikasi. Keseragaman perilaku dan tekanan untuk menyesuaikan diri dengan
norma-norma dihasilkan lewat komunikasi diantara anggota-anggota kelompok.
Kedua, bila suatu sistem sosial telah berkembang,
ia menentukan komunikasi anggota-anggotanya. Sistem sosial mempengaruhi
bagaimana, ke, dan dari siapa, dan dengan pengaruh bagaimana komunikasi terjadi
diantara anggota-anggota sistem.
Ketiga, pengetahuan mengenai suatu sistem sosial
dapat membantu kita membuat prediksi yang akurat mengenai orang-orang tanpa
mengetahui lebih banyak daripada peranan-peranan yang mereka duduki dalam
sistem.
CIRI ORGANISASI FORMAL = BIROKRASI (Max Weber) - 1
1)
Suatu
organisasi terdiri dari hubungan-hubungan yang ditetapkan antara jabatan-jabatan.
Blok-blok bangunan dasar dari
organisasi formal adalah jabatan-jabatan.
2)
Tujuan
atau rencana organisasi terbagi kedalam tugas-tugas; tugas-tugas organisasi
disalurkan di antara berbagai jabatan sebagai kewajiban resmi
3)
Kewenangan
untuk melaksanakan kewajiban diberikan kepada jabatan. Yakni, satu-satunya saat
bahwa seseorang diberi kewenangan untuk melakukan tugas-tugas jabatan adalah
ketika ia secara sah menduduki jabatannya.
4)
Garis-garis kewenangan dan jabatan diatur menurut suatu tatanan hierarkis.
Hierarkinya mengambil bentuk umum suatu piramida, yang menunjukkan setiap
pegawai bertanggung jawab kepada atasannya atas keputusan-keputusan bawahannya
serta keputusan-keputusannya sendiri.
5)
Suatu
sistem aturan dan regulasi yang umum tetapi tegas, yang ditetapkan secara
formal, mengatur tindakan-tindakan dan fungsi-fungsi jabatan dalam organisasi.
6)
Proesedur
dalam organisasi bersifat formal dan impersonal – yakni, peraturan-peraturan
organisasi berlaku bagi setiap orang. Jabatan diharapkan memiliki orientasi
yang impersonal dalam hubungan mereka dengan langganan dan pejabat lainnya.
7)
Suatu
sikap dan prosedur untuk menerapkan suatu sistem disiplin merupakan bagian dari
organisasi.
8)
Anggota
organisasi harus memisahkan kehidupan pribadi dan kehidupan organisasi.
9)
Pegawai
dipilih untuk bekerja dalam organisasi berdasarkan kualifikasi teknis,
alih-alih koneksi politis, koneksi keluarga, atau koneksi lainnya.
10)
Meskipun pekerjaan dalam birokrasi berdasarkan kecakapan teknis, kenaikan
jabatan dilakukan berdasarkan senioritas dan prestasi kerja.
KOMUNIKASI JABATAN DAN HUBUNGAN INFORMAL
Ciri-ciri suatu
organisasi formal berkaitan dengan suatu fenomena yang disebut komunikasi
jabatan (positional communication) (Redfield, 1953)
Hubungan dibentuk
antara jabatan-jabatan, bukan antara orang-orang, dan keseluruhan organisasi
terdiri dari jaringan jabatan. Mereka yang menduduki jabatan diharuskan
berkomunikasi dengan cara yang sesuai dengan jabatan mereka. Sekalipun demikian, dalam praktek
komunikasi jabatan ini membingungkan, karena tidak semua jabatan dan interaksi
secara saksama sesuai dengan diagram jabatan. Meskipun analisis Weber tentang teori organisasi
dapat menguraikan banyak organisasi yang beroperasi dewasa ini, sejumlah
pemikiran dan teori lain memberikan sumbangan untuk memahami cara kerja
organisasi, dan khususnya, komunikasi organisasi.
Terdapat dua jenis teori lagi,
disamping teori komunikasi, yang memberikan pandangan yang berguna, yakni teori
manajemen dan teori organisasi.
Terkadang para
penulis membuat sedikit perbedaan antara teori pengelolaan (managing)
dan teori pengorganisasian (organizing) karena kedua teori itu sering
sangat mirip, tetapi terkadang berbeda.
ORGANISASI SWASTA:
Suatu entitas yang aktivitasnya berhubungan dengan usaha untuk menghasilkan barang dan jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen
Suatu entitas yang aktivitasnya berhubungan dengan usaha untuk menghasilkan barang dan jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen
Persamaan Organisasi Swasta & Sektor Publik
a)
Merupakan bagian yang integral dari sistem
ekonomi suatu negara
b)
Menggunakan sumber daya yang sama untuk mencapai
tujuan
c)
Menghadapi masalah kelangkaan sumber daya
sehingga dituntut untuk menggunakan sumber daya secara ekonomis, efisien, &
efektif (Value for Money Concept)
d)
Membutuhkan informasi yang handal & relevan
untuk melaksanakan fungsi manajemen
e)
Pada beberapa hal, menghasilkan produk yang sama
(misal: pendidikan, kesehatan, transportasi massa)
LINGKUNGAN ORGANISASI
Lingkungan umum :
mencakup kondisi yang mungkin mempunyai dampak terhadap organisasi namun
relevansinya tidak sedemikian jelas.
Lingkungan khusus:
bagian dari lingkungan yang secara langsung relevan bagi organisasi dalam mencapai
tujuannya. Menjadi perhatian manajemen karena terdiri dari konstituensi
kritis Lingkungan khusus tiap organisasi
berbeda tergantng pada domain yang dipilihnya.
Domain : pilihan
yang dibuat organisasi bagi dirinya sendiri yang menyangkut rangkaian produk
atau jasa yang ditawarkan dan pasar yang dilayaninya. (niche org) Konsep domain
penting karena menentukan titik ketergantungan organisasi pada lingkungan
khususnya.
FRED EMERY DAN ERIC
TRIST :
4 Macam Lingkungan Organisasi
4 Macam Lingkungan Organisasi
1)
Lingkungan
placid randomized : permintaan didistribusikan secara acak,
perubahan lamban, perubahan dapat diramalkan,ancaman paling sedikit.
2)
Lingkungan
placid-clustered : perubahan lamban, ancaman thd organisasi lebih
bersifat kelompok. Misalnya pemasok masukan dan distributor keluaran membentuk
koalisi/aliansi.
3)
Lingkungan
disturbed-reactive : terdapat banyak pesaing yang mencari tujuan
yang sama. Organisasi mengembangkan serangkaian inisiatif taktis,
memperhitungkan reaksi pesaing, menyusun strategi tindakan balik. Persaingan
ini membutuhkan fleksibilitas dan strukturnya cenderung terdesentralisasi.
4)
Lingkungan
turbulent-field : paling dinamis, ketidakpastian paling besar,
perubahan selalu terjadi dan elemen dalam lingkungan semakin saling berhubungan
(multiplier effect).
Paul Lawrence dan Jay
Lorsch
Perusahaan yang
lebih berhasil pada masing-masing industri akan mempunyai penyesuaian yang
lebih baik daripada yang kurang berhasil.
Anda dapat membaca postingan Keorganisasian dengan klik link disini
Anda dapat membaca postingan Keorganisasian dengan klik link disini
No comments:
Post a Comment
Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+, komentar SPAM (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik & nama blog) otomatis tidak akan muncul.
Pertanyaan silahkan ke halaman kontak, atau bertanya dulu kepada admin. terimakasih