Berpikir Divergen dan Konvergen
Pada waktu seseorang memusatkan pikirannya untuk menemukan
penyelesaian tertentu dari suatu masalah maka ia sedang berpikir konvergen, dan
apabila ia sedang mencari beberapa
kemungkinan penyelesaian ia sedang berpikir divergent. Keterampilan
berpikir divergen membuka peluang siswa untuk berpikir keatif. Kraeativitas sangat diperlukan dalam kehidupan global, tanpa
kreativitas sulit bangsa kita untuk bersaing dengan banagsa-bangsa lain
dalam segala hal di era globalisasi sekarang. Menurut Suharnan (2005) berpikir
divergen merupakan jenis kemampuan berpikir yang berpotensi untuk digunakan
ketika seseorang melakukan aktivitas atau memecahkan masalah yang kreatif.
Namun ini belum merupakan jaminan bahwa seseorang akan menjadi kreatif secara
aktual atau kreatif-produktif. Sebab untuk menjadi orang kreatif-produktif
masih diperlukan potensi yang bersumber dari karakteristik kepribadian dan
lingkungan yang kondusif.
Kriteria
Berpikir Divergen
Munandar (2004) dan Suharnan (2005) menjelaskan bahwa berpikir divergen sebagai operasi mental yang menuntut penggunaan
kemampuan berpikir kreatif, meliputi kelancaran, kelenturan,
orisionalitas, dan elaborasi dan kolaborasi. Artinya seseorang dikatakan
berpikir divergen dalam memecahkan masalah jika memenuhi empat kriteria sebagai
berikut: kelancaran berpikir, keluwesan, originalitas, dan elaborasi.
Keempat kriteria tersebut diuaraikan sebagai berikut: (a) kelancaran
seseorang menghasilkan gagasan
yang banyak; (b) keluwesan berpikir adalah kemampuan seseorang menghasilkan gagasan yang terdiri dari
kategori-kategori yang berbeda-beda atau kemampuan memandang sesuatu
objek, situasi atau masalah dari berbagai sudut pandang; (c) originlitas atau
sering disebut berpikir tidak lazim adalah
bentuk keaslian berpikir mengenai sesuatu yang belum dipikirkan orang lain
atau tidak sama dengan pemikiran orang pada umumnya; (d) elaborasi adalah kemampuan memerinci suatu gagasan pokok ke
dalam gagasan-gagasan yang lebih kecil.
Dalam
pembelajaran matematika yang dapat menumbuhkan pola pikir yang logis, kritis
dan kreatif dapat dilakukan pendekatan-pendekatan seperti Problem solving,
problem possing, Cooperative learning atau Open
ended problem dan sebagainya. Dalam
tulisan ini hanya disajikan sekilas tentang Open ended approch merupakan salah
satu cara mendidik siswa terampil berpikir divergen sehingga dimungkinkan siswa
dapat berpikir kritis dan kreatif.
oke, saya jadi lebih paham konvergen dan divergen
ReplyDeleteTerima kasih atas Perhatiannya,,,harapan kami anda selalu sukses.
ReplyDeleteBagaimana cara mengetahui gaya berfikir seorang anak bu?
ReplyDelete@lulus
ReplyDeletelebih dekat dengan anak dengan sendirinya kita akan dapat mengenal watak anak,,
cobalah di ajak mengobrol dengan tema yang mereka sukai dan menarik.
kalau begitu tidak bisa dijadikan alat penelitian karena hanya mengedepankan kedekatan ya bu? tidak adakah alat ukurnya?
Deletebisa ya juga bisa tidak,, ya apabila kita menggunakan metode pembelajaran dalam pengamatan atau bentuk kuisioner
Deletethank you
ReplyDeletekak bisa tolong diinfo referensinya dari biku apa?
ReplyDeleteok...smga bermanfaat
ReplyDeleteAssalamu'alaikum Bu, mau tanya referensi untuk tulisan ibu yg berpikir divergen dan konvergen dari mana ya? Mohon infonya untuk kelengkapan skripsi
ReplyDeletesalam admin
ReplyDeleteSetelah membaca artikel Anda Saya suka dengan topik Anda. Sangat membantu sekali dan bisa dijadikan sumber referensi saya berharap orang lain dapat merasakan manfaat yang sama seperti saya, saya akan menunggu update artikel berikutnya Terima kasih untuk berbagi ebook panduan teknisi komputer
terimaksih mas moga bermanfaat
Deleteok
ReplyDeleteAssalamu’alaikum Wr. Wb.
Deletesaya mau tanya bu, cara membedakan jawaban siswa yang berfikir kreatif dengan yang tidak berfikir kreatif itu apa ya bu ?atau gimana cara membedakan nya ?
cara membedakannya apabila jawaban yang disampaikan anak tidak monoton dengan jawaban anak lain, asalkan jawaban itu sesuai dengan tema atau pertanyaan yang diberikan.
DeleteAssalamu’alaikum Wr. Wb.
ReplyDeletesaya mau tanya bu, cara membedakan jawaban siswa yang berfikir kreatif dengan yang tidak berfikir kreatif itu seperti apa ya bu ? atau bagaimana cara membedakannya ?
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
ReplyDeletesaya mau tanya bu, cara membedakan jawaban siswa yang berfikir kreatif dengan yang tidak berfikir kreatif itu apa ya bu ? atau gimana cara membedakannya ?
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
ReplyDeletesaya mau tanya bu, cara membedakan jawaban siswa yang berfikir kreatif dengan yang tidak berfikir kreatif itu apa ya bu ?atau gimana cara membedakan nya ?
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
ReplyDeletesaya mau tanya bu, cara membedakan jawaban siswa yang berfikir kreatif dengan yang tidak berfikir kreatif itu apa ya bu ?atau gimana cara membedakan nya ?
Bermanfaat, trmksh
ReplyDeleteKalo anaknya bandel bu
ReplyDeletecontoh divergen dan konvergen dalam kehidupan sehari-hari
ReplyDelete