MENGGUNAKAN FORMULA PADA EXCEL
MEMBUAT FORMULA DENGAN PENGETIKAN
Untuk membuat formula dengan cara mengetikkan alamat-alamat sel dan operator-operator numerik dalam suatu sel, ikutilah langkah-langkah berikut ini:
1.Pilih sel yang akan diisi formula
2.Ketikkan tanda sama dengan (=) untuk memulai formula tersebut
3.Ketikkan referensi sel yang berisi harga-harga yang akan dihitung,dan gunakanlah operator-operator yang sesuai. Sebagai contoh, untuk menghitung hasil kali antara isi sel D5 dan E5 ketiklah =D5*E5
4.Tekan Enter
Maka hasil perhitungan akan segera ditampilkan dalam sel yang anda pilih pada langkah 1, sedangkan formulannya akan ditampilkan di bar formula.
MEMBUAT FORMULA DENGAN POINTING
Sewaktu mengisikan referensi sel dalam suatu formula seringkali membuat kesalahan pengetikan. Untuk meminimalkan kesalahan tersebut, dapat digunakan cara pointing, yaitu mengarahkan pointer sel pada alamat yang dikehendaki dengan menggunakan mouse atau tombol-tombol panah keyboard.
Pointing Menggunakan Mouse
Bila pada tabel yang dimiliki, ingin membuat formula dalam sel H5 dimana formula tersebut berisi perkalian antara isi sel D5 dengan sel E5, maka ikutilah langkah-langkah berikut:
1.Klik sel yang akan diisi formula, yaitu sel H5
2.Ketikkan tombol sama dengan (=) untuk memulai formula
3.Klik sel D5
4.Ketikan operator perkalian *.
5.Klik sel E5
6.Tekan Enter
Bila mengklik sel H5 maka formula yang sudah dimasukkan akan ditampilkan pada bar formula, yaitu =D5*E5
Pointing Menggunakan Keyboard
Misalnya akan membuat formula yang sama untuk mendapatkan hasil yang sama, akan tetapi tidak menggunakan mouse melainkan menggunakan keyboard , maka ikutilah langkah berikut ini:
1.Klik sel yang akan diisi formula,yaitu sel H5
2.Ketikkan tanda sama dengan (=) untuk memulai sel
3.Dengan menggunakan tanda panah ke kiri <- dari keyboard arahkan pointer ke sel D5
4.Ketikan operator perkalian *.
5.Dengan menggunakan tanda panah ke kiri 4- dari keyboard arahkan pointer ke sel E5
6.Tekan Enter
Formula Menggunakan Bahasa Alamiah
Sebuah kemampuan baru Microsoft Excel versi ini adalah dimungkinkannya menggunakan bahasa alamiah (natural language) untuk menyusun formula pada suatu sel. Sebagai contoh bila digunakan referensi sel untuk menghitung jumlah harga-harga yang terdapat dalam kolom JUMLAH pada tabel yang sudah dimiliki, maka harus diketikkan =sum (D5:D16) dalam sel D17. Akan tetapi bila digunakan bahasa alamiah, maka cukup ketikkan =sum (jumlah) dalam sel D7. Argumen "jumlah" dalam bahasa alamiah tersebut di ambil dari label kolom tabel, dan argumen ini bulanlah nama range sebagaimana yang akan dijelaskan dalam sub bab mendatang.
Menggunakan Referensi Relatif
Dalam banyak hal, seringkali digunakan referensi relatif dalam suatu formula, sehingga mengcopy formula yang berisi referensi sel, maka referensi sel tersebut akan menyesuaikan dengan lokasi barunya. Sebagai contoh, bila mengcopykan sel H5 ke sel H6. Perhatikan sel H6 berisi hasil kali antara sel D6 dan E6 dan bukannya antara sel D5 dan sel E5 sebagaimana sel H5.
Menggunakan Referensi Absolut
Referensi absolut digunakan bilamana diingin formula yang dibuat mereferensi pada sel tertentu saja, sehingga bila mengcopykan formula tersebut ke sel 1ainnya maka referensinya tetap pada kolom sel yang sama, jadi tidak bergantung pada baris dan kolomnya. Hasil yang diperoleh pada sel B4 hingga B8 dan sel D4 hingga sel D8 adalah melalui langkah-langkah berikut:
1.Pada sel B4, ketikkan tanda sama dengan (=)
2.Klik sel A4
3.Ketikkan operator *.
4.KlikselCl
5.Tekan F4
6.Tekan Enter
7.Copykan sel B4 ke sel B5 hingga sel B8,dan sel D4 hingga sel D8
Penekanan tombol fungsi F4 pada langkah 4 menyebabkan sel Cl menjadi alamat absolut,hingga referensi sel B4 terhadapnya menjadi referensi absolut. Alamat absolut bagi sel Cl ini ditandai dengan didahuluinya label baris dan nomor kolom sel tersebut dengan simbol $ pada formula di sel B4, yaitu $C$1.
Menggunakan Referensi Campuran
Menggunakan referensi relatif dan referensi absolut ke dalam referensi campuran, atau yang juga sering disebut referensi semi absolut. Misalnya diingin menggunakan baris absolut akan tetapi kolomnya relatif atau sebaliknya., Bila menggunakan referensi $A1 untuk dicopykan pada alamat sel lainnya, maka barisnya akan menyesuaikan dengan tempat hasil pengcopyan sedangkan kolomnya akan tetap kolom A. Sebaliknya bila menggunakan referensi A$l, maka kolomnya akan menyesuaikan sedangkan barisnya akan tetap baris 1. Perhatikan contoh berikut: Formula pada sel B3 merujuk pada alamat semi absolut BS1, yaitu =B2*B$1. Bila formula di B3 dicopylkan ke sel C3, D#, B5, C5 dan D5 maka kolom yang dicopy akan menyesuaikan sedangkan baris dicopy akan tetap baris 1.
Menyunting Referensi Relatif dan Absolut
Untuk menyunting referensi yang ada, tempatkan kursor sisip pada alamat yang akan disunting jenis referensinya di bar formula, kemudian tekan F4 sampai didapatkan jenis referensi yang diinginkan, dan lanjutkan dengan menekan Enter.
Referensi Sheet Lain
Memasukkan referensi data yang berada di worksheet lain workbook anda, yaitu dengan memasukkan nama sheet, tanda seru (!), dan referensi sel. Sebagai contoh bila mengetikkan Sheet2! B3, maka anda akan merujuk pada sel B3 yang terdapat dalam sheet yang bernama Sheet2.
Referensi File Lain
Terkadang perlu untuk merujuk data yang berada dalam file (wrokbook) lainnya. Bila ingin merujuk pada sel B3 yang terdapat dalam sheet yang bernama Sheet2, dan sheet tersebut dalam file yang bernama Jual.xls, maka harus diketikkan ='[Jual.xls]Sheet2'!$B$3
Be the first to reply!
Post a Comment
Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+, komentar SPAM (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik & nama blog) otomatis tidak akan muncul.
Pertanyaan silahkan ke halaman kontak, atau bertanya dulu kepada admin. terimakasih