PENGELOLAAN WORKSHEET
Memilih Sheet dalam Workbook
Jika dipilih lebih
dari satu sheet dalam sebuah workbook maka setiap perubahan yang dilakukan pada
sheet yang aktif juga akan terjadi pada sheet-sheet yang dipilih. Jika diisikan
data pada sheet yang aktif, maka data tersebut juga aka terisikan pada
sheet-sheet lain yang dipilih. Berikut ini adalah tabel prosedur untuk memilih
sheet.
Sheet
yang dipilih :
|
Lakukanlah
:
|
Sheet tunggal
|
Klik tab sheet
|
Sejumlah sheet yang berurutan
|
Klik tab sheet pertama, tekan tombol SHIFT, dan klik tab sheet terakhir
|
Sejumlah sheet tak berurutan
|
Klik tab sheet pertama, tekan tombol CTRL.dan klik tab-tab sheet lainnya
|
Seluruh sheet dalam sebuah workbook
|
Klik
sembarang tab sheet
dengan tombol kananmouse, dan pilih Select All Sheets dari menu shortcut
|
Yang
dimaksud tab sheet adalah tab yang terletak dibagian bawah windows workbook
yang menampilkan nama sebuah sheet. Klik pada sheet akan menjadikan sheet
tersebut sebagai sheet aktif. Pemilihan lebih dari
satu sheet biasanya disebut juga dengan membuat grup sheet. Fungsi dari grup
sheet ini dapat dianalogkan
dengan fungsi kertas karbon pada saat mengetik dengan mesin ketik manual.
Jadi
bila dalam sebuah workbook yang dibuat tabelnya dengan format sel yang cukup
rumit dan akan dibuat salinannya yang sama persis pada sheet-sheet
lainnya, maka tidak perlu susah-susah membuat tabel
tersebut satu persatu pada masing-masing sheet, juga tak perlu membuat tabel
tersebut dalam sheet yang aktif, yang untuk selanjutnya mengcopykannya pada sheet-sheet
lainnya, karena dengan cara ini harus lebih berhati-hati untuk
mendapatkan sel yang sama untuk sheet yang satu dengan
sheet yang lainnya. Akan tetapi, bila cukup membuat label tersebut dalam sebuah
sheet aktif yang telah dibuat grup dengan sheet lain yang dikehendaki.
Bila membuat grup sheet maka pada title bar(judul) workbook akan diberi tanda
"(Group)".
Menyisipkan Worksheet Baru
Dapat
disisipkan satu atau beberapa worksheet sekaligus dalam workbook yang aktif diantara sheet-sheet yang keberadaannya diwakili
oleh tab-tab sheet yang terdapat dibagian bawah window workbook. Untuk menyisipkan sebuah worksheet diantara sheet-sheet yang ada,
ikutilah prosedur berikut:
1.
Klik tab sheet di tempat sebelum
sheet tersebut ingin disisipkan sebuah sheet baru. Sebagai contoh, bila anda
ingin menyisipkan sebuah sheet baru diantara Sheet 1 dan Sheet 2, maka kliklah Sheet 2.
2. Pilih perintah Worksheet pada menu Insert.
Bila hendak disisipkan
sejumlah worksheet sekaligus, maka tekanlah tombol SHIFT dan klik sejumlah sheet sebanyak sheet yang akan disisipkan.
Jadi bila ingin menyisipkan 3 buah sheet diantara Sheet 1 dan Sheet 2, ikutilah
langkah langkah berikut:
1.
Klik
Sheet2
2.
Tekan tombol SHIFT dan
klik Sheet4
3. Pilih perintah Worksheet pada
menu Insert
Nama-nama
sheet yang digunakan dalam contoh diatas, yaitu Sheetl, Sheet2, dan seterusnya
adalah nama sheet default dengan urutan sesuai
dengan karakter terakhir nama sheet tersebut.
Menghapus Worksheet
Untuk menghapus
satu atau beberapa sheet dari sebuah workbook ikutilah prosedur berikut:
1. Pilih sheet-sheet yang akan dihapus
2.
Pilih Delete Sheet dari
menu Edit
Mengganti Nama Sheet
Bila merasa jemu terhadap nama-nama
sheet yang ditampilkan pada tab-tab sheet, dapat menggantikannya dengan nama yang lebih sesuai dengan isi sheet
masing-masing, yaitu dengan langkah-langkah
berikut:
1.
Dobel klik tab sheet
yang akan diganti
2.
Pilih Delete Sheet dari
menu Edit Untuk mengganti nama sheet, anda juga dapat melalui
perintah Rename dari menu Format | Sheet
Mengcopy dan Memindahkan Sheet
Dalam mengcopy atau
memindahkan sheet, dituntut untuk lebih berhati-hati, karena perhitungan atau grafik-grafik
yang didasarkan pada suatu worksheet mungkin akan menjadi error. Demikian juga
bila memindahkan worksheet diantara sheet-sheet yang merujuk pada formula 3-D
(baris,kolom,sheet). Boleh jadi hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan. Untuk
mengcopy atau memindahkan sheet-sheet ke dalam workbook lainnya, ikutilah
langkah-langkah berikut:
1. Bukalah workbook yang akan digunakan untuk menampung hasil peng-copy-an
atau pemindahan sheet-sheet.
2.
Lewat menu windows,
aktifkan workbook yang berisi sheet-sheet yang ingin dicopykan atau dipindahkan
ke workbook lain
3. Pilih sheet-sheet yang akan dicopykan atau dipindahkan (buatlah grup
sheet)
4. Pilih perintah Move or Copy
Sheet dari menu Edit untuk membuka kotak dialog Move or Copy
5. Dalam kotak To book, tentukanlah workbook yang akan digunakan untuk
menampung hasil Copy atau pemindahan
sheet-sheet.
Untuk
meng-copy atau memindahkan sheet-sheet ke dalam workbook baru, pilihlah New book.
1.
Dalam kotak
Before sheet, pilihlah sheet
sebelum sheet yang dipilih akan disisipkan
sheet-sheet yang akan dicopy-kan atau dipindahkan.
2.
Bila ingin mengcopy
sheet dan bukan hanya memindahkannya saja, maka tandailah kotak periksa Create a copy.
Untuk
memindahkan sheet-sheet dalam workbook yang sama, anda dapat mendrag
sheet-sheet yang dipilih ke sepanjang
tab-tab sheet. Sedangkan untuk mengcopynya, tekanlah juga tombol CTRL pada saat
anda melakukan drag.
Be the first to reply!
Post a Comment
Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+, komentar SPAM (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik & nama blog) otomatis tidak akan muncul.
Pertanyaan silahkan ke halaman kontak, atau bertanya dulu kepada admin. terimakasih