"Lakukan sesuai kapasitasmu, dan jangan pernah meminta untuk kau tunda apa yang menjadi ke inginanmu"

Tuesday, December 04, 2012

APA PERMASALAHAN DALAM ORGANISASI ?

APA PERMASALAHAN DALAM ORGANISASI ?

BEBERAPA PERMASALAHAN YANG DIHADAPI ORGANISASI
Pada dasarnya keberhasilan organisasi untuk menentukan ukuran kinerja yang tepat dan bagaimana menggunakan hasil pengukuran kinerja tersebut akan berdampak pada kinerja organisasi secara keseluruhan.
Peningkatan kinerja organisasi ini pada akhirnya ditujukan agar organisasi mencapai suatu keunggulan (excellence) dalam mengelola ekspektasi pasar.
Pencapaian suatu tingkat kinerja yang baik dapat terlihat dari keberhasilan organisasi tersebut mencapai visi dan misi organisasi melalui keberhasilan implementasi strateginya.

PERMASALAHAN DALAM PERENCANAAN STRATEGI
1.         Perencanaan strategis tidak dijadikan sebagai suatu proses yang berkelanjutan.
2.         Visi dan missi organisasi sulit dimengerti, kabur makna dan tidak coba dijabarkan kedalam berbagai langkah nyata yang terlihat keterhubungannya.
3.         Strategi tidak diformulasikan dengan baik.
4.         Strategi tidak terhubung dengan sasaran-sasaran (goals) departemen, tim, dan individu
5.         Strategi tidak terhubung dengan alokasi sumber daya organisasi.
6.         Tujuan-tujuan strategis organisasi tidak terlihat keterhubungannya dengan strategy organisasi.
7.         Tujuan-tujuan strategis organisasi tersebar dan tidak terlihat keterhubungannya (cause and effect relationship) antara satu dengan yang lainnya.
8.         Tidak terdapat ukuran keberhasilan pencapaian tujuan strategis organisasi yang tepat .
9.         Organisasi tidak menetapkan target keberhasilan suatu tujuan satrategis organisasi .
10.     Umpan balik (feed back) yang diperoleh organisasi bersifat taktis umpan-balik bukan strategis 

PERMASALAHAN DARI SEGI KEPEMIMPINAN
a.         Pimpinan tidak dapat mengarahkan dan menjelaskan dengan mudah dan ringkas visi, misi dan strategi organisasi
b.        Para pimpinan tidak menyediakan waktu yang cukup untuk mengevaluasi pencapaian visi dan missi organisasi dan keberhasilan implementasi strategi organisasi
c.         Visi, misi dan strategi organisasi tidak dimengerti oleh seluruh bagian organisasi
d.        Tidak terciptanya budaya tumbuh kembang kepemimpinan dalam diri setiap orang dalam organisasi untuk secara sadar mencapai keberhasilan visi dan missi organisasi 

PERMASALAHAN DARI SEGI PELANGGAN
1.         Organisasi kesulitan untuk membangun loyalitas pelanggan.
2.         Organisasi tidak secara jelas memahami espektasi pelanggan atau tidak bisa menentukan secara jelas value proposition yang diharapkan oleh para pelanggannya.
3.         Kesalahan melakukan segmentasi pelanggan
4.         Pelanggan diperlakukan sebagai pihak yang membutuhkan bukan sebaliknya.
5.         Pelanggan sering diasumsikan akan datang dan dapat dipertahankan dengan sendirinya tanpa perlu melakukan proses pemasaran yang baik.
6.         Organisasi yang melakukan penjualan barang bukan penyedia layanan atau jasa.

PERMASALAHAN DARI SEGI PROSES BISNIS INTERNAL
a.         Sulitnya melakukan efisiensi operasional organisasi
b.        Proses pemberian layanan tidak atau kurang responsif
c.         Layanan yang ada tidak pas dengan ekspektasi pasar atau value proposition yang diharapkan oleh para pelanggannya
d.        Suatu jenis dan kualitas suatu proses layanan diperuntukkan bagi seluruh segmen pasar yang jelas mempunyai harapan yang berbeda-beda
e.        Hasil dari internal proses organisasi tidak dapat memberikan masukan strategis (strategic feedback) bagi peningkatan kinerja organisasi 

PERMASALAHAN DARI SEGI PROSES PEMBELAJARAN DAN PERTUMBUHAN ORGANISASI
1)        Sulitnya meningkatkan dan memobilisasi pengetahuan serta keterampilan yang dimiliki untuk peningkatan kinerja organisasi,
2)        Tidak terbangunnya budaya pelayanan prima (service excellence) sebagai budaya peningkatan kinerja organisasi
3)        Sumberdaya manusia yang ada bekerja tanpa mengetahui keterhubungannya dengan kinerja organisasi
4)        Sumberdaya manusia yang ada sangat jarang atau hampir tidak pernah memberikan masukan strategis (strategic feedback) bagi pengembangan kinerja organisasi
5)        Sumberdaya manusia yang ada tidak pernah ikut dalam evalusasi pencapaian kinerja organisasi,
6)        Kurangnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kinerja organisasi 

PERMASALAHAN DARI SEGI PENGUKURAN KINERJA  (performance measurement)
a)        Organisasi belum mempunyai ukuran-ukuran kinerja di luar ukuran kinerja keuangan
b)        Organisasi mengalami kesulitan menentukan ukuran-ukuran kinerja yang akan digunakan
c)         Organisasi tidak mempunyai suatu kerangka kerja penyusunan dan evaluasi pengukuran kinerja organisasi
d)        Ukuran kinerja yang sudah digunakan sering kali bersifat ukuran kinerja keuangan dan ukuran kinerja yang bersifat operasional dan berdimensi jangka pendek, bukan ukuran kinerja strategis dan menunjang keberhasilan organisasi di masa depan
e)        Organisasi seringkali merasa puas dengan sistem pengukuran kinerja yang telah dimiliki tanpa secara berkelanjutan mengevaluasi keberadaan, ketepatan dan keakuratan pengukuran kinerjanya
f)         Pengukuran kinerja yang sudah dimiliki belum mampu mengintegrasikan dan meningkatkan kinerja organisasi 
Demikian Postingan kali ini untuk Postingan Tentang Keorganisasian, Dinamika Kelompok, Organisasi dan Managemen . anda dapat membaca di link atas.

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+, komentar SPAM (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik & nama blog) otomatis tidak akan muncul.
Pertanyaan silahkan ke halaman kontak, atau bertanya dulu kepada admin. terimakasih

     
    Ipkompas