"Lakukan sesuai kapasitasmu, dan jangan pernah meminta untuk kau tunda apa yang menjadi ke inginanmu"

Friday, October 05, 2012

MENYUSUN DOKUMEN PANJANG

MENYUSUN DOKUMEN PANJANG


Pada bagian ini diuraikan cara penyusunan dokumen yang cukup panjang, seperti laporan, skripsi, atau buku. Penyusunan dikumen panjang, pada dasarnya sama dengan penyusunan dokumen sederhana yang telah dibahas pada bagian sebelumnya. Akan tetapi ada beberapa tambahan yang tidak lazim dijumpai pada dokumen pendek, seperti pengaturan format halaman, penomoran halaman, daftar isi, pengaturan bab atau subbab, dan sebagainya.
Untuk membuat dokumen panjang, sangat dianjurkan untuk memaksimalkan pemanfaatan fasilitas yang telah disediakan oleh Word, sehingga dengan pekerjaan panjang yang cukup membosankan akan menjadi sederhana dan menyenangkan.


Fasilitas Style yang disediakan oleh Word sangat menunjang pembuatan dokumen panjang. Dengan fasilitas style dimungkinkan pengaturan format bagian-bagian naskah dengan konsisten. Misalnya untuk mengatur format judul bab atau subbab, dan daftar isi.
Secara default Word telah menyediakan style pada template normal, seperti Heading 1, Heading 2, Heading 3, Normal, Body Text, Default Paragraph Font, dan sebagainya yang dapat langsung digunakan atau dapat dimodifikasi terlebih dahulu sesuai dengan yang dikehendaki. Pada dasarnya terdapat dua jenis style, yaitu style paragraf dan style karakter.

Membuat dan Menerapkan Style

Cara tercepat untuk membuat style paragraf adalah memformat paragraf yang dimaksud, bloklah teks paragraf tersebut, berdasarkan style baru yang diformat dan properti lainnya yang telah diterapkan pada teks yang dipilih.
1.       Pilih atau bloklah teks yang telah diformat untuk disimpan ke dalam style
2.       Klik Normal di dalam kotak dialog style pada toolbar formatting.
3.       Ketikkan langsung nama style baru dengan menumpukkan nama style yang ada di dalamnya.
4.       Tekan tombol Enter.
Selain cara diatas juga dapat digunakan kotak dialog Style, pada metode ini dapat ditentukan tipe style, format teks, tombol shortcut.
Membuat dan menerapkan style baru dengan kotak dialog Style:
1.        Pada menu Format, klik pilihan Style and Formattng untuk menampilkan kotak dialog Style and Formatting, kemudian klik tombol New Style.
2.        Ketiklah nama style baru dalam kotak Name pada kotak dialog New Style.
3.        Untuk memilih tipe style yang akan dibuat, pilihlah type style yang diinginkan. Pilih Character untuk membuat style karakter dan pilihlah Paragraph untuk membuat style paragraf.
4.        Klik tombol Format untuk memilih format teks yang dikehendaki, untuk melakukan format tersebut sama dengan pada saat pengaturan format teks sebelumnya.
5.        Klik tombol Short Key untuk menentukan tombol shortcut style.
6.        Kemudian tentukan diantara pilihan-pilihan berikut ini:
Pada kotak drop-down Style Based on, klik nama style jika anda menginginkan dasar format dari style baru atau modifikasi style pada style yang anda pilih tersebut.
Pda kotak drop-down Style for following paragraph, klik style yang diinginkan di mana Word akan menerapkannya pada teks paragraph berikutnya. Pada saat ditekan Enter pada akhir paragraph yang diformat dengan style baru atau yang telah dimodifikasi, Word akan menerapkan style yang dipilih pada kotak Style for following paragraph pada paragraf yang mengikutinya.
Kotak periksa Add to template, secara otomatis akan mendefinisikan kembali style tersebut jika sewaktu-waktu anda menerapkan format manual pada beberapa paragraf degan style tersebut. Word akan mengupdate semua paragraf pada dokumen yang aktif yang telah diformat degan style tersebut.
7.        Klik tombol OK untuk keluar dari kotak dialog New Style.
Untuk membuat style karakter baru, klik Style and Formatting pada menu Format, dan kemudian klik tombol New Style. Di dalam kotak Name, ketikan nama untuk style. Di dalam kotak Style type, klik Character. Tentukan pilihan-pilihan lain yang diinginkan (lihat pada petunjuk di atas), dan kemudian klik tombol Format untuk menentukan atribut-atribut (format) untuk stle.
MEMODIFIKASI DAN MENGHAPUS STYLE
Style yang ada dimungkinkan untuk dimodifikasi, dengan demikian dapat dilakukan perubahan-perubahan format style yang ada sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, style juga dapat dihapus jika diperlukan. Untuk keperluan ini dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini.
1.       Pada menu Format, klik pilihan Style and Formatting, kemudaian pada kotak combo Show klik pilihan Custom... untuk menampilkan kotak dialog Format Settings.
2.       Di dalam kotak dialog Format Settings, klik tombol Styles dan selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog Style.
 
1.    Pilih style yang akan dimodifikasi, dan klik tombol Delete untuk menghapusnya atau klik Modify... jika ingin melakukan perubahan pada format style yang telah dipilih.
2.   Setelah selesai melakukan modifikasi, apabila ingin menggunakan style yang telah dimodifikasi ke dalam dokumen baru menggunakan template yang sama, klik kotak periksa Add to template dan tekan Ok. Word akan menambahkan style yang telah dimodifikasi tersebut pada template yang telah diterapkan pada dokumen aktif.
MENGATUR LAYOUT HALAMAN DOKUMEN PANJANG
Hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun dokumen panjang adalah menentukan layout halaman seperti ukuran kertas, batas halaman, section halaman, header/footer, dan sebagainya. Perlu juga diingat, bahwa layout halaman untuk dokumen sederhana dan panjang penanganannya berbeda. Pada layout halaman dokumen pendek mempunyai format halaman yang sama pada tiap halamannya, tetapi pada dokumen panjang mungkin dapat terdiri dari beberapa bagian dimana pada masing-masing bagian dimungkinkan mempunyai format halaman yang berbeda.
(dokumen dari MTsN Watulimo)

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+, komentar SPAM (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik & nama blog) otomatis tidak akan muncul.
Pertanyaan silahkan ke halaman kontak, atau bertanya dulu kepada admin. terimakasih

     
    Ipkompas