"Lakukan sesuai kapasitasmu, dan jangan pernah meminta untuk kau tunda apa yang menjadi ke inginanmu"

Thursday, October 25, 2012

MENYUNTING DATA EXCEL

MENYUNTING DATA


Mengubah Isi Sel

Untuk mengubah isi sel, ikutilah prosedur berikut ini:
1.    Lakukan dobel-klik pada sel ynag berisi data yang akan diubah
2.    Lakukan perubahan terhadap isi sel
3.    Tekan Enter
4.    Bila ditekan ESC setelah langkah 2, berarti membatalkan perubahan  yang telah dilakukan


Saat melakukan perubahan terhadap isi suatu sel, selain dapat dilakukan dalam bar formula, dengan terlebih dahulu mengklik bar formula-nya. Cara lain untuk melakukan perubahan terhadap isi sesuatu suatu sel adalah dengan mengklik isi tersebut dan dilanjutkan dengan menekan tombol F2 pada keybord.

Menghapus Data

Ada cara yang sangat mudah untuk menghapus isi sel, isi sekelompok sel (range), isi sel dalam satu atau beberapa kolom atau baris, atau menghapus seluruh isi worksheet, yaitu dengan langkah-langkah berikut:
1.    Pilih sel, range.baris atau kolom yang akan dihapus
2.       Tekan tombol DELETE pada keyboard, atau pilih perintah DELETE dari menu Edit
3.       Untuk memilih sel, range baris atau kolom lihat kembali pembahasan Memasukkan data dan memilih sel dibagian awal bab ini.

Mencari dan Mengganti Data

Untuk mencari suatu teks atau bilangan khusus yang terdapat dalam worksheet, dan selanjutnya teks atau bilangan tersebut diganti dengan teks atau bilanagan lainnya. Ikutilah langkah-langkah berikut:
1. Pilih range dari se-sel yang didalamnya akan dilakukan pencarian teks atau bilangan,  tetapi bila area pencarian adalah seluruh sheet, cukup klik sembarang sel.
2. Pilih perintah Find. dari menu Edit, atau tekan CTR+F untuk membuka kotak dialog Find
3. Dalam kotak teks Find What, isilah dengan teks atau bilangan yang akan dicari
4.  Dalam kotak Look in box, klik tipe informasi yang akan dicari
           5. Klik Find Next

Sedangkan untuk mengganti teks atau bilangan dalam sel-sel worksheet dengan teks atau bilangan lainnya, ikutilah prosedur berikut:

1. Pilih range dari sel yang akan dilakukan pencarian teks atau bilangan, tetapi bila area pencariannya adalah seluruh sheet, cukup klik sembarang scl
2. Pilih perintah Replace dari menu Edit, atau tekan CTR+H untuk membuka kotak dialog Replace (Gambar)
3. Dalam kotak teks Find what, isilah dengan teks atau bilangan yang akan dicari
4. Dalam kotak teks Replace with, isilah dengan teks atau bilangan penggantinya. Bila hanya ingin menghapus teks atau bilanagn yang telah diketemukan, maka kosongkanlah kotak teks Replace with ini.
5. Klik tombol Find next
6. Klik tombol Replace untuk mengganti teks atau bilangan yang telah ditemukan dengan teks atau bilangan yang telah ditentukan pada langkah 4
7. Klik tombol Replace All untuk mengganti seluruh teks atau bilangan dalam area pencarian dengan spesifikasi yang telah ditentukan pada langkah 3 dengan teks atau bilangan yang telah ditentukan pada langkah 4.

MENG-COPY DAN MEMINDAHKAN DATA

Bila mengcopy sebuah sel dengan mendrag fill handle (lihat pembahasan membuat data series diatas) atau mengklik tombol ikon CUT (Ctrl + X) atau mengklik tombol ikon Copy (Ctrl + C), dan selanjutnya melakukan paste dengan mengklik tombol ikon Paste (Ctrl + V), maka Microsoft Excel akan mengcopykan seluruh sel termasuk formula-formula beserta hasilnya, komentar atau catatan dan formula sel.
Jika area pengcopyan yang dipilih meliputi se-sel hidden (disembunyikan) maka Microsoft Excel juga akan mengcopykan sel-sel hidden tersebut. Jika area yang dilakukan paste berisi baris-baris atau kolom-kolom hidden, maka telebih dahulu anda harus menjadikan area tersebut tak tersembunyi (unhide) untuk melihat seluruh sel yang dicopykan.
Ada banyak cara untuk mencopy atau memindahkan data dari sel atau sekelompok sel yang satu ke sel atau sekelompok sel yang lainnya., yaitu dengan teknik drag dan drop dengan menggunakan perintah Copy (untuk mengcopy) atau perintah Cut (untuk memindahkan) dari menu Edit. Langkah-langkah untuk mengcopy atau memindahkan data dengan teknik drag dan drop adalah sebagai berikut :
1.       Pilih sel-sel yang akan dicopy atau dipindahkan
2.       Arahkan pointer mouse kebagian  tepi dari range yang akan dipilih (jangan diarahkan ke file handle)
Untuk memindahkannya saja, lakukan klik dan drag ke alamat sel yang dituju (area paste). Bila tempat yang dituju telah berisi data, maka Microsoft Excel akan menggantikan data tersebut dengan data yang baru dipindahkan.

 
Sedangkan untuk mengcopy sel-sel, tekanlah juga tombol CTRL pada keyboard pada saat anda melakukan drag.
Untuk menyisipkan sel yang dicopy diantara sel-sel yang telah berisi data, tekanlah juga SHIFT+ CTRL ( untuk mengcopy ) pada saat melakukan drag. Untuk mendrag sel-sel yang telah dipilih ke sheet yang lainnya tekanlah ALT dan drag hingga kearah tab nama sheet yang dituju.
Teknik copy dan paste, yaitu menggunakan perintah Copy dari menu Edit (Ctrl + C) untuk mengcopy, perintah Cut dari menu Edit (Ctrl+ X) untuk memindah dan perintah Paste dari menu Edit (Ctrl + V) untuk mempaste, banyak digunakan untuk mengcopy atau memindahkan sel ke workbooks lainnya atau ke workbook yang sama tetapi jarak tempat hasil copy (area paste ) dari letak data semula terlalu jauh. Teknik ini juga merupakan saru-satunya cara untuk mengcopy untuk memindahkan sejumlah karakter yang telah dipilih saja dalam sebuah sel. Jadi untuk hal ini, tidak dapat menggunakan teknik drag and drop.

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+, komentar SPAM (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik & nama blog) otomatis tidak akan muncul.
Pertanyaan silahkan ke halaman kontak, atau bertanya dulu kepada admin. terimakasih

     
    Ipkompas