"Lakukan sesuai kapasitasmu, dan jangan pernah meminta untuk kau tunda apa yang menjadi ke inginanmu"

Friday, October 05, 2012

MEMANFAATKAN FORMAT SECTION


MEMANFAATKAN FORMAT SECTION


Pada saat dibuka dokumen baru secara default, dokumen tersebut terdiri dari satu bagian (section). Section dapat terdiri dari paragraf tunggal yang pendek maupun panjang dan format halaman ini biasa digunakan pada jenis dokumen pendek yang tidak perlu mempunyai beberapa section. Sebagai contoh, untuk dokumen panjang yang di dalamnya terdiri dari beberapa bagian, misalnya halaman sampul dengan halaman isi laporan mempunyai format yang berbeda. Untuk itu dapat ditambahkan section baru dengan menambahkan tanda section (break section) di antara halaman sampul dengan halaman isi laporan. Penggunaan section sangat bermanfaat pada teks header/footer yang berbeda pada tiap bab dalam satu dokumen.


Dengan menambahkan section ke dalam dokumen, dapat dibuat layout halaman yang berbeda pada tiap section dengan mengubah unsur-unsur pada dokumen tersebut seperti:
·         Margin, ukuran kertas, atau orientasi halaman
·         Penomoran halaman
·         Teks, penempatan, dan format header dan footer,
  • Dan lain sebagainya.
Word secara otomatis membuat atau menyisipkan section break pada saat anda menambahkan kolom, daftar isi, indeks pada dokumen.
Menyisipkan Dan Menghapus Section Break
Agar dokumen panjang yang terdiri dari beberapa bagian berdasarkan halaman judul atau banyaknya bab yang ada dalam dokumen sehingga masing-masing section dimungkinkan mempunyai format halaman yang berbeda, maka harus disisipkan section break.
Petunjuk menyisipkan section break :
1.       Tempatkan titik sisip (kursor)  di mana akan ditempatkan awal section baru.
2.       Pada menu Insert, klik pilihan Break... untuk menampilkan kotak dialog Break.
3.       Di bawah bagian Section breaks, tentukan pilihan efek penambahan section yaitu di mana akan dimulai section baru.
Next page, menyisipkan section break dan memotong halaman sehingga section dimulai di atas halaman berikutnya.
Continous, menyisipkan section break dan memulai section baru melanjutkan halaman yang ada, tanpa menyisipkan page break.
Odd page, menyisisipkan section break dan memulai section berikutnya pada halaman yang bernomor ganjil berikutnya.
Even page, menyisipkan section break dan memulai section berikutnya pada halaman yang bernomor genap berikutnya. Jika section break jatuh pada halaman yang bernomor genap, Word akan mengosongkan halaman yang bernomor ganjil berikutnya,
4.       Klik tombol OK untuk mengakhiri dan mengaktifkan penyisipan section break.
Pada tampilan view Normal, Word akan menampilkan batas titik-titik ganda di atas insertion point untuk menandai akhir section sebelumnya dan memindahkan insertion point ke dalam section berikutnya.
Jika suatu dokumen terdapat section lebih dari satu, dapat dilakukan copy format section tersebut dengan cara mengcopy break section-nya. Kemudian paste section break tersebut ke lokasi baru sehingga teks di atas section break diambil dari format section break.
Pada suatu saat menginginkan menghapus section break untuk menghilangkan section dan menggabungkan section yang terpisah pada section yang terdekat, dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1.       Jika sedang berada dalam tampilan view Print layout dan tidak dapat melihat section break, pindahkan ke tampilan view Normal.
2.       Pilihlah section break yang akan dihapus, dan kemudian tekan tombol DELETE pada keyboard.
Ketika menghapus section break, format teks di atasnya juga akan dihapus dan teks tersebut menjadi bagian dari section berikutnya, dan dianggap mempunyai format sama dengan section tersebut.
(dokumen dari MTsN Watulimo)

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+, komentar SPAM (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik & nama blog) otomatis tidak akan muncul.
Pertanyaan silahkan ke halaman kontak, atau bertanya dulu kepada admin. terimakasih

     
    Ipkompas