"Lakukan sesuai kapasitasmu, dan jangan pernah meminta untuk kau tunda apa yang menjadi ke inginanmu"

Monday, October 01, 2012

BEKERJA DENGAN TABEL


BEKERJA DENGAN TABEL


Tabel merupakan sekumpulan sel-sel (area kotak) kolom dan baris yang akan diisi dengan teks atau grafik. Fasilitas tabel ini sering digunakan untuk menata teks dan grafik, bahkan dapat dimanfaatkan untuk membuat halaman formulir (seperti kwitansi, faktur, dan formulir isian lainnya). Tabel dapat pula digunakan untuk menata angka dalam kolom, kemudian menggurutkan (sortir) dan melakukan kalkulasi.



MENYISIPKAN TABEL PADA DOKUMEN


Ada beberapa yang dapat anda gunakan untuk menyisipkan tabel, yaitu menggunakan : 

  • Perintah Insert Table pada menu Table   
    Ikon Insert Table pada toolbar 
    Fasilitas Draw Table

Menyisipkan Tabel


Jika suatu dokumen memuat tabel sederhana, maka dapat digunakan perintah  Insert Table pada menu Table, atau ikon insert Table  pada toolbar.


 
Menyisipkan tabel dengan perintah Insert Table:

(a)   Tempatkan titik sisip pada lokasi dimana akan ditempatkan tabel.
(b)   Pada menu Table, klik Insert Table untuk menampilkan kotak dialog Insert Table.
(c)    Lakukan salah satu atau lebih salah satu  petunjuk ini :

PilihanTable
Keterangan
Table Size
Bagian ini digunakan untuk menentukan ukuran tabel (banyaknya baris dan kolom sel)
Fixed columm width
Pilihan ini untuk mengatur lebar kolom berdasarkan ukuran inchi tertentu dengan mengklik atau mengetikkan pada kotak isian. Pilih Auto untuk menyisipkan kolom dengan ukuran sama dengan
Auto Fit to contens
Lebar kolom secara otomatis akan menyesuaikan dengan panjang teks yang diketikkan.
Auto Fit to windows
Ukuran tabel otomatis akan berubah sehingga tabel tersebut dapat memenuhi window browser web. Pada saat ukuran  window browse web diubah ukuran tabel secara otomatis akan ikut berubah menyesuaikan ukuran window.
(d)  Klik tombol OK untuk keluar dan menyisipkan tabel.

Cara diatas dapat juga dilakukan melalui tombol ikon Insert Table pada toolbar. Word akan menampilkan grid tabel, kemudian tentukan banyaknya sel baris dan kolom yang diinginkan dengan menyorot kotak-kotak yang tersedia.

MENYISIPKAN TABEL DENGAN DRAW TABLE

Dengan fasilitas Draw Table, seolah-olah menggambar tabel menggunakan pensil atau pada kertas. Secara langsung dapat dibuat kotak sel sesuai yang diinginkan sehingga dapat menghasilkan model tabel yang lebih rumit dan menentukan orientasi teks seperti format teks yang ada di dalam programspread sheet.
Anda dapat menggunakan ikon Draw  Table yang ada didalam toolbar Table and Broders seperti anda menggunakan pensil atau bolpoint untuk menggambar tabel.



Petunjuk menggunakan fasilitas Draw Table:

1.     Pada menu Table, klik perintah Draw Table sehingga akan muncul toolbar Tables and Border pada window (Gambar 8).

2.     Untuk mendefinisikan batas luar tabel, gambarlah drag dari salah satu sudut ke sudut diagonal dari tabel yang didefinisikan untuk menandai keberadaan seluruh bagian table, kemudian gambar garis kolom dan garis di dalamnya.
3.     Ketika selesai membuat tabel, klik di dalam sel, dan mulailah untuk mengetik teks atau menyisipkan grafik.
MEMODIFIKASI TABEL
Setelah selesai menyisipkan tabel pada dokumen, tabel tersebut dapat diatur/disesuaikan dengan keinginan, seperti menentukan lebar dan spasi kolom, mengatur tinggi dan spasi baris. Selain itu anda juga dapat menggabungkan beberapa sel menjadi satu atau memisah satu sel menjadi beberapa sel.
Untuk mengubah lebar kolom dapat dilakukan dengan menggeser batas kolom di dalam tabel itu sendiri atau dengan menggeser tanda Move Table Column pada ruler horisontal. 

Mengatur lebar kolom tabel
Untuk mengatur lebar kolom dengan ukuran tertentu, klik sel didalam kolom yang akan diubah lebarnya. Pada menu Table, klik perintah Table Properties, dan klik tab Column. Tentukan pilihan yang diinginkan.
Untuk membuat lebar kolom secara otomatis memyesuaikan panjangnya isinya, klik tabel tersebut. Pada menu Table, klik perintah AutoFit to Contens.

Untuk menampilkan ukuran lebar kolom, klik sel dan kemudian tekan tombol ALT pada saat menggerser tanda batas kolom pada ruler. Di dalam dokumen Word, tinggi setiap baris tabel tergantung pada isi sel di dalam baris tersebut dan spasi paragraf yang ditambahkan, kecuali ditentukan yang lainnya.

Mengatur tinggi baris tabel

Untuk mengatur tinggi baris dengan ukuran tertentu, klik sel baris. Pada menu Table klik perintah Table Properties, dan kemudian klik tab row. Tentukan pilihan-pilihan yang diinginkan

Menyamakan ukuran baris atau kolom:
·         Pilihlah kolom-kolom atau baris-baris yang akan disamakan ukuranya.
·         Pada toolbar Table and Borders, klik tombol  Distribute Columns Evenly atau Distribute Rows Evenly.

Untuk menampilkan Tables and Borders, pada menu View klik Toolbars, kemudian klik toolbar yang diinginkan. Jika tombol yang diinginkan tidak muncul, klik tombol More Button pada toolbar tersebut.

Mengatur spasi antar sel di dalam tabel:
1.    Klik salah satu sel tabel.
2.    Pada menu Table, klik perintah Table Properties, kemudian klik tab Table.
3.    Klik tombol Option
4.     Di bawah bagian default cell spacing, aktifkan  kotak periksa Allow spacing between cells dan isikan ukuran yang diinginkan

Menyisipkan dan menghapus baris atau kolom:
1.    Pilih baris di bawah dimana akan disisipkan baris baru, atau pilihlah kolom pada sebelah kanan di mana akan disisipkan kolom baru. Pilihlah kolom atau baris dengan jumlah yang sama sebagaimana akan menambahkan sejumlah kolom atau baris yang dipilih.
2.    Klik tombol  Insert Row atau Insert Columns.
Fasilitas Draw Table dapat juga digunakan untuk menggambar baris atau kolom dimana diinginkan.
Untuk menambahkan  baris pada akhir tabel, klik sel terakhir dari baris terakhir dan kemudian tekan tombol Tab. Sedangkan untuk menambah kolom ke sebelah kanan dari kolom terakhit pada tabel, klik pada bagian kiri terluar dari kolom. Kemudian pada menu Table, klik perintah Select Column, lalu klik perintah Insert Columns.

Menggabungkan beberapa sel menjadi sel tunggal:
1.    Klik tombol ikon  Table and Borders pada toolbar standar untuk menampilkan toolbar Tables and Border.
2.    Klik ikon Eraser, dan kemudian klik dan drag penghapus melewati pemisah sel yang akan dihapus.
Cara tercepat untuk menggabungkan beberapa sel yang dipilih, adalah dengan mengklik ikon Merge Cells  atau dengan menggunakan perintah Merge Cells pada menu Table.
Memisahkan sel menjadi beberapa sel pada table:
1.    Jika toolbar Tables and Borders tidak ditampilkan , klik ikon Tables and Borders.
2.    Klik ikon Draw Table, penunjuk mouse akan berubah menjadi pen.
3.    Klik dan drag untuk membuat pembagian sel baru.

Untuk memisahkan  beberapa sel, pilih sel-sel tersebut dan kemudian klik ikon  Split Cells atau klik perintah Split Cells pada menu Table untuk menampilkan kotak dialog Split Cells dan kemudian pilihlah pilihan yang tersedia, seperti berikut ini :
·         Number of columns -- isikan banyaknya kolom untuk membagi kolom yang dipilih.
·         Number of row -- isikan banyaknya baris untuk membagi sel yang dipilih.
·         Merge cells before split --  menggabungkan sel-sel yang dipilih dan kemudian menggunakan setting Row and Columns untuk seluruh pilihan. Pilihlah kotak periksa ini pada saat akan mengkonfigurasi ulang tabel dengan cepat (sebagai contoh untuk mengganti tabel 3x3  menjadi tabel 4x4). Kosongkan kotak periksa ini jika akan menggunakan nilai-nilai di dalam kotak Rows dan Columns pada setiap sel yang dipilih secara terpisah.

Berikut ini adalah petunjuk membuat formulir pemesanan seperti yang telah ditampilkan pada awal pembahasan memodifikasi tabel dengan memanfaatkan tabel, lakukan petunjuk berikut ini :
(a)  Buatlah tabel dengan ukuran 5 x 14 (5 kolom dari 14 baris) melalui menu perintah maupun draw table.
(b)  Pada baris pertama gabungkanlah (merge) beberapa sel sehingga baris pertama menjadi 3 kolom. Masih  pada kolom pertama sisipkan logo perusahaan, kolom kedua ketikkan identitas perusahaan, dan kolom ketiga untuk nomor surat order.
(c)  Pada baris kedua dan ketiga gabungkanlah beberapa sel menjadi tiga kolom, kemudian pada kolom kedua baris kedua dan ketiga gabungkan.
(d)  Pada baris ke-4 dan ke-5 beberapa sel digabungkan menjadi kolom. Pada bagian ini digunakan untuk menempatkan teks identitas Vendor maupun Ship. Tambahkan border pada bagian atas sel baris ketiga dengan model garis ganda.
(e)  Petunjuk penggunaan border lebih lengkap, lihat pembahasan berikutnya.
(f)   Bloklah semua sel baris ke-7 dan ke-8, kemudian aturlah lebar kolom untuk Jml, Unit, Keterangan, Harga/unit dan total. Tambahkan border pada kedua bari sel tersebut, kemudian pada baris ke-7 berikan border double pada bagian atas atau bawah.
(g)  Pada baris ke-8 gabungkanlah beberapa sel sehingga jumlah kolom menjadi 4 . Kolom kedua digunakan untuk informasi cara pembayaran dan untuk kolom ke-4 digunakan untuk menampilkan hasil perhitungan , berikan border seperti yang tampak pada contoh.
(h)  Pada baris ke-11 dan 12 gabungkanlah beberapa sel sehingga jumlah kolom menjadi dua. Masing-masing kolom digunaan untuk pengesahan

MENGATUR POSISI TABEL PADA HALAMAN

Mengatur  posisi tabel dengan prosedur klik’n drag:
1)     Tempatkan pointer pada tabel sampai handle move table muncul di sudut kanan atas dari tabel.
2)     Tempatkan pointer pada handle move table tersebut sampai pointer berubah menjadi tanda panah 4 arah.
3)     Drag tabel tersebut ke lokasi baru.

Mengatur perataan table pada halaman:
1.    Klik tabel yang akan diatur.
2.    Pada menu Table, klik perintah Table Properties, dan kemudian klik tab Table.
3.    Pada bagian Aligment, tentukan pilihan yang diinginkan
4.    Untuk mengatur indentasi kiri tabel, isikan nilai ke dalam kotak isian Indent form left.

Pada Word 2000 fasilitas tabel ini dapat ditempatkan di antara teks yang ada, sehingga teks dapat mengalir di seputar tabel (wrapping), hal ini serupa dengan pengaturan aliran teks pada image.

Mengatur aliran teks (wrapping) pada table:
·         Klik tabel yang akan dituju
·         Pada menu Table, klik perintah Table Properties, kemudian klik tab Table
·         Pada bagian Text Wrapping, klik pilihan Around
Materi ini di ambil dari Dokumen MTsN Watulimo





Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+, komentar SPAM (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik & nama blog) otomatis tidak akan muncul.
Pertanyaan silahkan ke halaman kontak, atau bertanya dulu kepada admin. terimakasih

     
    Ipkompas