"Lakukan sesuai kapasitasmu, dan jangan pernah meminta untuk kau tunda apa yang menjadi ke inginanmu"

Wednesday, October 10, 2012

BEKERJA DENGAN FOOTNOTE ATAU ENDNOTE

BEKERJA DENGAN FOOTNOTE ATAU ENDNOTE


Footnote (catatan kaki) atau Endnote terdiri dari dua bagian yang saling berhubungan, yaitu tanda note reference dan teks catatan itu sendiri. Tanda note reference dapat berupa nomor (angka), karakter, atau kombinasi dari karakter sebagai tanda bahwa untuk informasi tambahan berada di dalam footnote atau endnote.


Tanda footnote atau endnote berupa angka akan muncul secara otomatis atau dapat dibuat sendiri tanda untuk footnote atau endnote. Jadi setiap kali menambahkan, menghapus, atau memindahkan catatan (note), Word secara otomatis akan mengatur kembali penomorannya.
Pada layar dapat ditampilkan catatan dengan menempatkan pointer pada tanda note reference di dalam dokumen. Untuk menampilkan teks catatan pada panel note di bawah layar, klik dua kali tanda note reference. Pada saat mencetak dokumen, footnote dapat ditampilkan sesuai dengan yang anda tentukan : di akhir setiap halaman atau langsung di bawah teks. Sedangkan endnote juga dapat ditampilkan di akhir setiap dokumen atau di akhir setiap section.
Menyisipkan footnote atau endnote :
1.       Pada mode tampilan Print layout view, klik di mana anda akan menyisipkan tanda note reference.
2.       Pada menu Insert, klik perintah Reference dan pilih Footnote, sehingga ditampilkan kotak dialog Footnoe and Endnote
 
1.       Klik pilihan Footnote atau Endnote, dan tentukan pilihan-pilihan yang sesuai.
2.       Klik tombol Insert.
3.       Ketikkan teks catatan pada bagian yang aktif.
Menghapus Footnote atau Endnote
Untuk menghapus catatan dilakukan dari tanda note reference di dalam window dokumen, tidak pada panel note. Di dalam dokumen, pilihlah tanda note reference dari catatan yang akan dihapus, kemudian tekan tombol Delete.
Ketika nomor tanda note reference dihapus, Word secara otomatis melakukan penomoran kembali sesuai dengan urutannya.
(dokumen MTsN Watulimo)

Nining Ipkompas
IPTEK BAHARI Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan Akun Google+, komentar SPAM (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik & nama blog) otomatis tidak akan muncul.
Pertanyaan silahkan ke halaman kontak, atau bertanya dulu kepada admin. terimakasih

     
    Ipkompas